UPTD DLH Wilayah I Tutup TPS Liar di Desa Segara Jaya

Tarumajaya (Bintang Save) – Untuk meminimalisir menjamurnya Tempat Pembuangan Sampah (TPS) liar di wilayah Kecamatan Tarumajaya, Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pengelolaan Persampahan Wilayah I pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bekasi bekerjasama dengan Pemerintah Kecamatan Tarumajaya dan BPD Segara Jaya menutup Satu lokasi TPS liar di jalan Tanah Merah, kampung Sungai Niri Mandala RT.02/30 Desa Segara Jaya, Selasa (24/01/2023).

Penutupan TPS liar dilakukan langsung Kepala UPTD Wilayah 1 Kabupaten Bekasi Abdul Muid, dengan pemasangan spanduk –larangan membuang sampah di sepanjang pagar– oleh pasukan orange UPTD Pengelolaan Persampahan Wilayah I DLH Kabupaten Bekasi.

Dari pengamatan Bintang Save di lokasi, nampak hadir Kepala UPTD Pengelolaan Persampahan Wilayah I DLH Kabupaten Bekasi Abdul Muid dan, Camat Tarumajaya yang diwakili Sekretaris Camat (Sekcam) dan Polsek Taruma jaya, Kasi Trantib Kecamatan Tarumajaya dan aparatur Kecamatan Tarumajaya serta BPD Desa Segara Jaya.

“Ya, hari ini kita menutup Satu TPS liar di lokasi di Desa Segara Jaya, Kecamatan Tarumajaya. Penutupan TPS liar ini demi mengurangi sampah berserakan di pinggir jalan yang akhirnya terjadi penumpukan dan merusak lingkungan,” kata Abdul Muid yang didampingi Kepolisian Polsek Tarumajaya.

Menurutnya, dengan menutup TPS liar di lokasi ini diharapkan akan timbul kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarang tempat atau lokasi. Pasalnya, kata Muid, selain merusak lingkungan, pastinya merusak keindahan, kenyamanan dan pemandangan di lokasi tersebut, juga karena keberadaannya di pinggir jalan dan dekat dengan Pemukiman.

“Kebersihan lingkungan bukan saja tanggung jawab pemerintah, namun tanggung jawab bersama. Maka kita harus jaga lingkungan ini dengan sebaik-baiknya agar tercipta lingkungan yang bersih,” tandasnya.

Menurut Muid, pihaknya tidak bosan-bosan untuk terus menutup TPS liar yang berada di wilayah tugasnya, yakni Kecamatan Tarumajaya, Babelan, Cabang Bungin dan Muara Gembong demi mendukung program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi.

Sementara itu, Camat Taruma Jaya Dede Mauludin, mengatakan kalau pihaknya sudah melaporkan dan melakukan langkah kordinasi dengan Satpol PP kabupaten. “Dalam waktu dekat akan dipanggil dan diterapkan sanksi oleh Satpol PP kabupaten karena pernah ditutup cuma bandel, dan kucing-kucingan,” ucapnya.

Camat pun mengapresiasi kinerja UPTD Pengelolaan Persampahan Wilayah I DLH Kabupaten Bekasi dan mendukungnya untuk menutup TPS liar yang menjamur di wilayah tugasnya.

“Kita akan terus mendukung dan bersinergi dengan UPTD demi menjaga wilayah ini untuk meminimalisir keberadaan TPS liar,” ujarnya. (boby)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*