SMA Negeri 1 Cikarang Barat Menggelar Kegiatan Panen Hasil Karya, Tampilkan Ragam Kreasi Siswa

Cikarang Barat (Bintang Save) – SMA Negeri 1 Cikarang Barat menyelenggarakan kegiatan Panen Hasil Karya Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), di lapangan sekolah, Kamis (24/11/2022) pagi.

Koordinator Project P5 SMA Negeri 1 Cikarang Barat, Yunina, S.Si., mengatakan bahwa kegiatan bertajuk “Merajut Budaya Bangsa, Memperkuat Integritas Generasi Emas” ini merupakan salah satu implementasi dari Kurikulum Merdeka, dan SMAN 1 Cikarang Barat adalah sebagai salah satu Sekolah Penggerak di Kabupaten Bekasi.

“Adapun kegiatan P5 ini diikuti oleh seluruh siswa kelas XA – kelas XK. Terdiri dari 33 kelompok dengan 3 tema yang telah ditentukan sekolah,” terangnya.

Ketiga tema dimaksud adalah Bhineka Tunggal Ika, kewirausahaan, dan rekayasa tekhnologi untuk membangun NKRI. “Terselenggaranya kegiatan ini tidak terlepas dari dukungan semua pihak, terutama Bapak Kepala Sekokah. Untuk itu, kami mengucapkan terima kasih,” katanya.

Koordinator Project P5 SMA Negeri 1 Cikarang Barat, Yunina, S.Si.

Kepala Sekokah SMA Negeri 1 Cikarang Barat, Deny Ermayana, S.Pd, MM., menekankan bahwa kegiatan P5 ini menunjukkan bukti kerja keras guru-guru pembimbing dan siswa siswi project P5.

Kemudian, dirinya menjelaskan mengenai tujuan dari diselenggarakannya kegiatan P5 ini, yaitu “semoga dengan project ini bisa menjadi media untuk mewujudkan pelajar kita yang memiliki spirit pelajar sepanjang hayat.”

“Selain itu, tentunya dapat mengoptimalkan kompetensi peserta didik dalam hal kolaborasi, kreasi, dan inovasi. Kami harap, kegiatan P5 ini menjadikan siswa memiliki karakter profil pelajar pancasila. Jika begitu, insya Allah, menjadikan pelajar kita pribadi yang handal dan kompetitif,” ungkap Deny.

Pada kesempatan yang sama, Sapri, selaku Komite Sekolah SMA Negeri 1 Cikarang Barat, memuji pelaksanaan kegiatan Panen Hasil Karya P5. “Saya dapat informasi kalau kegiatan ini adalah yang pertama. Tetapi hasilnya luar biasa. Produk-produk yang ditampilkan juga bagus, dan saya rasa sudah layak dijual,” ujarnya.

Mudah-mudahan bisa membangkitkan semangat kedepannya. “Ini sebagai bukti implementasi Kurikulum Merdeka dapat kita rasakan, dan ditularkan kepada yang lain,” singkatnya.

Koordinator Pengawas KCD Wilayah 3 Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Rojali, S.Pd, MA., berharap hasil dari Panen Karya ini untuk bisa diekspose ke luar. Bisa dijual. “Mudah-mudahan ada produk baru, ya. Produk yang belum pernah kita lihat ada di sini,” imbuhnya.

Koordinator Pengawas KCD Wilayah 3 Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Rojali, S.Pd, MA.

“Usul, untuk kedepan, jadi bukan hanya project P5 oleh kelas X saja, tapi kelas XI dan XII juga ada project kolaborasi. Nanti diuji keterampilannya. Mudah-mudahan hasil karyanya lebih baik dari yang sekarang,” pungkasnya. (TS)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*