Gelar P5 dan Festival Panen Karya, SMAN 1 Tambun Selatan Implementasikan Perwujudan Kurikulum Merdeka

Tambun Selatan (Bintang Save) – Gelar Karya Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Festival Panen Karya SMAN 1 Tambun Selatan, Kamis (6/10/2022) pagi.

Acara yang digelar di lapangan outdoor tengah sekolah itu dibuka oleh Camat Tambun Selatan, Junaefi S.STP.M.Si. Nampak mendampingi, Kepala SMAN I Tambun Selatan, Drs. Rahmat Kusnadi, MM., Pengawas SMA KCD 3 Kabupaten Bekasi Usep Nuh, MP.d., dan Ketua Komite SMAN 1 Tambun Selatan Ir. Azmil Amri.

Sejumlah unsur pun turut menghadiri acara tersebut, antara lain Aipda Mashuri Lembo Panit Bimmas yang mewakili Kapolsek Tambun, Serma Agus Purnawan Batuud Koramil perwakilan Danramil 01/Tambun Mayor Chb Daya Bakir, Serda Agus Rohman Babinsa Desa Tambun, dan Aiptu Kasworo selaku Bhabinkamtibmas Desa Tambun.

Kepala SMAN I Tambun Selatan, Drs. Rahmat Kusnadi, MM., mengaku bangga dengan suksesnya gelaran P5 dan Panen Karya ini.

“Tentunya saya ingin mengucap terima kasih kepada semua pihak yang terlibat. Khususnya kepada Pak Camat yang sudah hadir dan berkenan membuka acara,” katanya di sela-sela kegiatan.

Rahmat menjelaskan, bahwa kegiatan pada pagi ini merupakan implementasi dari Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau P5 yang memang dicanangkan dalam kurikulum Merdeka.

“Sekolah kami sendiri sejak 2022 ini sudah menggunakan kurikulum Merdeka secara mandiri. Total tiga angkatan, yakni kelas X, XI, dan kelas XII yang telah ikut menggunakan Kurikulum Merdeka pada tahun 2024 nanti,” ucapnya di sela-sela acara.

Kemudian, lanjutnya, salah satu pewujudan atau pelaksanaan kurikulum Merdeka adalah melalui kegiatan P5.

“Projek ini nantinya akan diikuti oleh siswa diluar Kegiatan belajar mengajar (KBM), dimana anak-anak di kelas X sudah melakukannya selama 10 hari,” kata Rahmat.

Dalam kegiatan Panen Karya, diikuti oleh siswa dan siswi SMAN 1 Tambun Selatan. Macam-macam karya yang mereka tampilkan, ada poster, komik, film pendek, pentas drama, puisi, dan lain-lain.

“Karena pada kurikulum Merdeka ini, ketika anak mengungkapkan imajinasinya, maka dia pun dibebaskan memilih dan berkarya,” ungkap Rahmat.

“Nantinya dari hasil karya anak akan kita nilai siapa yang terbaik,” imbuhnya.

Salah satu tujuan kurikulum merdeka ialah mengembangkan potensi peserta didik. Selain itu, masih ada tujuan kurikulum merdeka lainnya. Yakni, mengejar ketertinggalan pembelajaran yang disebabkan oleh pandemi Covid-19.

Perlu diketahui SMA Negeri 1 Tambun Selatan sendiri merupakan salah satu sekolah favorit. Bagaimana tidak, sekolah ini sudah terbukti melahirkan siswa-siswi berprestasi.

Misalnya, pada tahun yang lalu, siswa SMA Negeri 1 Tambun Selatan kelas XII, Revanda Ghassan Randityo, berhasil meraih medali emas dalam ajang International Earth Science Olympiad (IESO) ke 15 di Aosta, Italia, pada tanggal 25 – 31 Agustus 2022.

IESO merupakan ajang kompetisi pelajar pra perguruan tinggi untuk bidang ilmu kebumian yang meliputi pengetahuan terkait geosfer (geologi dan geofisika), hidrosfer (hidrologi dan oseanografi), atmosfer (meteorologi dan klimatologi) dan astronomi (sains keplanetan).

“Kita bangga terhadap prestasi siswa kita dan pada saat ini kita berharap dalam pelaksanaan dari pada kegiatan Pengimplementasian projek Ke- 1. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dapat mendorong para siswa/I berprestasi,” harap Rahmat.

Di lokasi yang sama, Usep Nuh, MP.d., selaku Pengawas SMA KCD Wilayah 3, mengungkapkan rasa bangganya.

“Saya sangat bangga atas kegiatan yang dilakukan oleh SMA Negeri 1 Tambun Selatan ini. Dalam hal ini telah mengawali kegiatan Pengimplementasi projek Ke- 1. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Festival Panen Karya. Ini merupakan kegiatan yang pertama kali dilaksanakan ditingkat SMA di Bekasi. Tentunya, kegiatan ini bisa menjadi percontohan bagi sekolah yang lain sebagai perwujudan daripada Kurikulum Merdeka,” ujarnya.

Camat Tambun Selatan, H. Junaefi, juga sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan SMAN I Tambun Selatan ini.

“Siswa SMAN I Tambun Selatan ini kan menjadi aset dari Kabupaten Bekasi, terlebih untuk Kecamatan Tambun Selatan, dan sebagai generasi muda penerus bangsa. Tentu peningkatan pengetahuan akademiknya yang baik dan berprestasi kita bangga terhadap mereka, namun di satu sisi pendalaman dan penguatan profil pelajar Pancasila dalam hal ini (P5) kehidupan sehari-hari itu sangat penting, harus menjadi pundasi siswa kita agar terlindung dari pengaruh rasis dan tidak ada pengelompokan yang membeda-bedakan antara agama satu dengan yang lain.”

“Walaupun dengan keberagaman ini, para siswa/I kita tetap menjadi warga sekolah yang kreatif dan edukasi dalam melakukan kegiatan yang positif. Seperti dalam Festival Panen Karya para siswa ini telah mengisi kegiatan positif, seperti halnya membuat komik yang menggambarkan tentang kecintaan terhadap Indonesia yang menceritakan dengan keberagaman suku dan agama dan toleransi, dan di isi ada cerita pendek tentang prestasi yang mereka sudah raih.”

“Dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, pihak Kecamatan sangat banyak program kerjanya, salah satunya para siswa/I ikut dilibatkan untuk berbuat dan melakukan kegiatan positif yaitu menjaga kebersihan lingkungan, inilah salah satu bentuk kegiatan yang membangun bangsa Indonesia tercinta ini,” tegas H. Junaefi.

Ir. Azmil Amri, Ketua Komite SMA Negeri I Tambun Selatan, pun mengungkapkan hal serupa. Melalui kegiatan ini para siswa telah mampu untuk berkarya dalam ajang Festiival Panen Karya.

“Kegiatan seperti ini sangat membutuhkan peran dan dukungan dari orang tua murid. Oleh karena itulah, pendidikan ini tanpa dukungan dari orang tua murid, keberhasilan siswa takkan membawa hasil yang baik. Perlu kita dukung program sekolah. Apalagi dalam peningkatan kreatifitas siswa yang membutuhkan sarana dan prasarana yang terbatas dimiliki oleh sekolah tentu perlu dibahas disekolah bersama dengan orang tua murid, ungkapnya.”

“Semoga dalam waktu dekat ini dapat dilaksanakan kegiatan untuk pembahasan tentang kegiatan para siswa tersebut,” pungkasnya. (TS)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*