Upacara HUT NKRI Ke 77 Penuh Hikmat di SMP Negeri 5 Tambun Utara

Tambun Utara (Bintang Save) – Rabu, 17 Agustus 2022, menjadi hari bersejarah Bangsa Indonesia, pada hari ini Bangsa Indonesia diingatkan pada titik tolak kebangkitan kehidupan Berbangsa dan Benegara, dengan Kemerdekaan yang diraih melalui perjuangan yang panjang, penuh pengorbanan secara lahir dan bathin.

Presiden Soekarno dan Mohammad Hatta, menjadi figur sentral kemerdekaan Bangsa Indonesia, yang membacakan Proklamasi sebagai bukti terbebasnya dari berbagai macam belenggu penjajahan pada saat itu sekaligus sebagai informasi dunia,bahwa Bangsa Indonesia telah Merdeka secara de jure dan de vakto.

77 tahun, Bangsa Indonesia sudah melewati momentum kemerdekaannya, 77 tahun juga para penerus kemerdekaan telah berkiprah membangun Bangsa Indonesia sesuai dengan perannya masing-masing. Bangsa Indonesia berangsur bertumbuh, menata kehidupan dalam bingkai kehidupan bernegara yang Bhineka Tunggal Ika, dengan Falsapah Pancasila, dan UUD 1945. Menuju masyarakat adil makmur yang berketuhanan, Berkemanusiaan yang adil dan beradab, bersatu dalam bingkai Indonesia, kerakyatan yang berhikmah, bijaksana, dalam perwakilan, serta Berkeadilan sosial untuk seluruh rakyatnya.

Pasca Kemerdekaan Bangsa ini mulai menata dengan Orde Lama, Orde Baru,dan hari ini dengan Orde Reformasi, semua itu dilakukan demi menggapai amanah UUD 1945 dan Pancasila dalam menerapkan kehidupan berbangsa yang amanah, jujur, adil dan makmur sejahtera merata.

SMP Negeri 5 Tambun Utara Kabupaten Bekasi, dibawah pimpinan Bapak Suwanto.,S.Pd. Merupakan salah satu Sekolah jenjang menengah pertama yang berada dalam naungan Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi, dalam perjalanan berdirinya yang masih terbilang muda, sudah mampu membuktikan partisipasinya dalam memeringati HUT NKRI Ke 77 Bangsa Indonesia, sekaligus sebagai sebuah sekolah yang siap mengisi estafet perjuangan Bangsa dengan kekuatan sumber daya manusia yang ada.

Sepertinya menjadi sebuah contoh yang perlu memperoleh Apresisasi dari Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi, agar dapat memicu Sekolah yang lain. Kegiatan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih, dalam rangka HUT NKRI ke 77 yang diadakan di SMP Negeri 5 Tambun Utara ini, berjalan dengan Hikmat dalam kesahajaan, dihadiri oleh seluruh Guru dan Staf serta peserta didik kelas 7,8 dan 9.

Dengan Tema Pembinaan “Mengisi Kemerdekaan dan Mempersiapkan Estapet Kepemimpinan Yang Amanah, Berkarakter dan Religius”.

Kepala SMP Negeri 5 Tambun Utara Bapak Suwanto.,S.Pd, Ketika memberikan informasi, setelah berlangsungnya kegiatan upacara menyatakan ”Memberikan Keteladan Lebih Epektif Dari 1000 Tiori” .

Oleh karenanya, kegiatan yang mengarah pada penumbuhan keteladan dan karakter di Sekolah ini lebih ditonjolkan sebagai kekuatan yang membentuk Karakteristik positif peserta deidik, salah satunya adalah kegiatan yang menumnuhkan nilai nasionalis kebangsaan seperti peringatan upacara HUT NKRI ke 77.

Pada sisi lain Kepala SMP Negeri 5 Tambun Utara ini, mengatakan, Nilai karakter yang sudah dan sedang berjalan secara berkesinambungan di sekolah ini, juga ada, antara lain: Pembinaan Shalat Duha setiap hari Rabu Kamis dan Jum’at. Kegiatan Literassi pada setiap hari Selasa, serta Kegiatan Shalat wajib Dzuhur dan Asshar Berjamaah yang dilakukan di lapangan sekolah, semua ini terasa sangat membantu membentuk, karakter peserta didik, terutama ahklak dan keimanan pada Tuhan yang Maha Esa.

Bagi Peserta didik Non Mulim juga diadakan khusus melalui guru pembimbingnya.Sebab Pendidikan bukan Cuma sekedar pembelajaran tiori aja, searah dengan itu Praktek secara langung akan lebih membekas pada jiwa peserta didik. Mudah-mudahan para peserta didik dalam menyongong estafet perjuangan Bangsa Indonesia akan lebih siap secara mental spiritualnya.

Kedewasaan Bangsa Indonesia yang telah memasuki usia 77 tahun, memang harus diikuti dengan matangnya para generasi yang mengisinya secara lahir dan bathin, tanpa itu akan berjalan ditempat.

SMP Negeri 5 Tambun Utara, terus berbenah diri menuju sekolah yang tampil beda dengan gagasan gagasan positifnya, dalam rangka meraih sukses pendidikan nasional secara lahir bathin, terbangun jiwa dan raganya. Kepala Sekolah dalam kiprah kinerjanya di dukung oleh beberapa wakil kepala bidang, antara lain: Wakil Kepala Bidang Kesiswaan Ramdani Saputra.,S.PdI.,M.MPd, Wakil Kepala Bidang Kurikulum Encup Supriyadi.S.Pd dan Achmad Chairi.,M.Si, Wakil Kepala Bidang Sarana Prasarana H. Zainal Arifin.,S.Pd.,MM , Wakil Kepala Bidang HUMAS Parnabung Pandiangan.,M.Si, serta Para Pembina dalam bidang tugas masing-masing.

Sinergi dalam bekerja adalah sebuah kekuatan yang selalu dbangun oleh Sekolah ini, menjadi modal bangkitnya untuk sebuah pembenahan secara menyeluruh. SMP Negeri 5 Tambun Utara, Exsis dengan Semboyannya “LITARA BISA” (SMP Negeri 5 Tambun Utara Berahlak, Inofativ,Sportif,dan Asri”). (TS)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*