Warga Apresiasi Penyelenggaraan Program PTSL Desa Sriamur

Tambun Utara (Bintang Save) –Penyelenggaraan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Desa Sriamur diapresiasi banyak pihak.

Salah satunya diungkapkan Ketua DPD Lembaga Anti Korupsi Republik Indonesia (LAKRI) Kabupaten Bekasi, Hj. Rosmi. Kepada awak media, ia mengapresiasi kinerja Pemerintah Desa Sriamur dalam menjalankan program PTSL.

“Menjalankan program ini tidaklah ringan, namun kantor BPN Kabupaten Bekasi dan Pemerintah Desa Sriamur termasuk bagus kinerjanya, dan sangat transparan,” ucap dia ditemui saat pembagian sertifikat di balai Desa Sriamur, Senin (8/8).

Lebih jauh, dijelaskannya, belum adanya jaminan kepastian hukum atas tanah seringkali memicu terjadinya sengketa yang berujung pada perseteruan di berbagai wilayah.

Hasil investigasi LAKRI yang dipimpin oleh A. Nur’aim, SE., mengungkap fakta bahwa perseteruan tersebut terjadi di kalangan masyarakat, baik antar keluarga hingga antar pemangku kepentingan (pengusaha, BUMN dan pemerintah).

“Hal itu membuktikan pentingnya sertipikat tanah sebagai tanda bukti hukum atas tanah yang dimiliki. Lambannya proses pembuatan sertipikat tanah selama ini menjadi pokok perhatian pemerintah,” kata Hj. Rosmi.

Melalui program PTSL ini, lanjut Hj. Rosmi, pemerintah memberikan jaminan kepastian hukum atau hak atas tanah yang dimiliki masyarakat.

“PTSL merupakan wujud pelaksanaan kewajiban pemerintah untuk menjamin kepastian dan perlindungan hukum atas kepemilikan tanah masyarakat,” jelasnya.

“Selain itu, nantinya masyarakat yang telah mendapatkan sertipikat dapat menjadikannya sebagai modal pendampingan usaha peningkatan kesejahteraan hidupnya.”

“Dari hasil investigasi di Desa Sriamur, Kecamatan Tambun Utara, sebagian besar masyarakatnya sangat gembira dengan adanya program pemutihan ini,” ungkap dia.

“Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada BPN, Tim Panitia Program PTSL Desa Sriamur, dan seluruh elemen masyarakat Desa Sriamur dalam melaksanakan program ini, sehingga bisa terlaksana dengan baik.”

“Tak lupa, saya juga mengucapkan terima kasih kepada LSM dan awak media yang sudah hadir dalam acara pembagian Sertifikat Program PTSL, tentunya sebagai sosial kontrol,” ujar Hj. Rosmi.

Ali Mustadi, warga RT 04/03 Desa Sriamur, mengutarakan terima kasihnya kepada Pemerintah Desa dan panitia PTSL yang sudah memberikan sertifikatnya tanpa biaya.

“Biar pun gratis, saya tetap memberikan ungkapan terima kasih dan rasa syukur kepada panitia,” imbuh Ali yang mengaku saking senangnya berjanji akan mengadakan syukuran.

Senada dengan Ali, Mamun, yang merupakan warga Kp. Gabus Pabrik Rt 002/004, mengucapkan terima kasih kepada Pemerintahan Desa Sriamur yang sudah menjalankan program PTSL ini.

“Saya ucapkan banyak terima kasih kepada Panitia Program PTSL dan Pemerintahan Desa Sriamur. Dan tentunya kepada BPN Kabupaten Bekasi yang sudah mensukseskan program ini, sehingga Kami warga yang tergolong kurang mampu ini bisa memiliki sertifikat kepemilikan tanah,” pungkasnya. (Ccp/Najan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*