Komisi 3 Kunker ke TPA Burangkeng, Soroti Pengelolaan Limbah Sampah

Setu (Bintang Save) – Komisi 3 DPRD Kabupaten Bekasi melakukan kunjungan ke Tempat Pemrosesan Akhir Sampah (TPAS) Burangkeng, Selasa (7/6/2022).

Nampak dalam rombongan Wakil Ketua Komisi 3 DPRD Kabupaten Bekasi Cecep Noor, anggota Komisi 3 DPRD Kabupaten Bekasi Heny Wijaya dan Saeful Iman, serta Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bekasi, Khaerul Hamid.

Dalam kesempatan tersebut, Cecep Noor menyebut Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Burangkeng membutuhkan Instalansi Pengolahan Air Limbah (IPAL).

Menurut Cecep, hal itu bertujuan agar (limbah sampah) tidak mengganggu ekosistem kehidupan sekitar.

“Pengelolaan sampah ini harus ada IPAL-nya, kalau tidak air yang masuk ke pengaliran (akan) jadi pencemaran (terhadap lingkungan warga),” kata dia.

Maka, dikatakan Cecep, salah satu peran DPRD Kabupaten Bekasi dalam masalah pengelolaan sampah di TPAS Burangkeng adalah dengan membuat peraturan guna menyikapinya.

“TPA Burangkeng ini sudah darurat sampah dan perlu ada revisi pengelolaan sampah dengan sistem yang (lebih) modern,” ungkapnya.

Di lain pihak, Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bekasi, Khaerul Hamid mengakui pihaknya menemui kesulitan di TPAS Burangkeng.

“DLH banyak masalah yang dihadapi dalam pengelolaan sampah di TPA ini,” ujar dia.

Sementara, jumlah penduduk semakin meningkat. “Secara otomatis akan menghasilkan sampah yang lebih banyak dari sebelumnya,” pungkas Hamid. (Adv)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*