Rusak Parah, Atap Ruang Kelas di SMPN 3 Cibitung Ambruk

Cibitung (Bintang Save) – Sejumlah tiga ruang jelas SMP Negeri 3 Cibitung mengalami rusak parah. Bahkan, bulan April lalu, atap ruangan itu ambruk. Beruntungnya tidak ada korban dari insiden tersebut.

Terkait itu, pihak sekolah mengaku sudah berulangkali menyodorkan proposal usulan perbaikan/pembangunan ruang kelas baru langsung ke Dinas Cipta Karya dan Penataan Ruang (DCKPR) Pemerintah Kabupaten Bekasi. Keluhan yang sama mereka lontarkan juga melalui jalur Musrenbang. Namun belum ada hasilnya.

Dengan adanya tiga ruang kelas yang rusak parah, SMPN 3 Cibitung cukup kerepotan menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar. Pasalnya, dari total 22 ruang, praktis hanya 19 kelas yang dapat difungsikan saat ini.

Dijelaskan Budiono, 22 ruang yang dimiliki, difungsikan juga sebagai ruangan Laboratorium IPA/ Biologi, Tata Usaha, dan kantor Kepala Sekolah.

“Akibatnya, kegiatan belajar mengajar kami buat menjadi dua shift,” kata dia, Selasa (7/6).

Ketersediaan ruang kelas yang ada tentu tidak bisa mengakomodasi jumlah siswa SMPN 3 Cibitung sebanyak 980 orang.

Budiono memperkirakan, jika dihitung dari jumlah Rombongan Belajar (Rombel) saat ini yang mencapai 27 Rombel, maka paling tidak SMPN 3 Cibitung bisa punya 27 ruang kelas.

Sering Kemalingan

Selain masalah ruang kelas yang rusak, pemerintah juga perlu memikirkan pemagaran SMPN 3 Cibitung. Apa sebab? Pagar yang ada sekarang sudah mulai rusak. Pada beberapa sisi pagar bahkan tinggal menghitung hari saja untuk ambruk.

“Dengan kondisi pagar yang demikian, banyak kambing peliharaan warga masuk lingkungan sekolah. Jadi setiap pagi, ya, kami repot juga ngebersihin kotorannya,” keluh Budiono.

Bukan cuma si kambing yang bikin suasana sekolah jadi tidak nyaman karena tak berpagar. Pihak sekolah dibuat was-was terus lantaran sudah dua kali ruang komputer mereka dibobol maling. Semua komputer dan komponennya ludes digasak maling.

“Hal ini lah yang membuat pihak sekolah kesal. Mudah-mudahan pemagaran dan pembangunan ruang kelas bisa segera direalisasikan,” ucapnya.

Dirinya juga berharap, pemerintah bisa lebih perhatian kepada SMPN 3 Cibitung. (TS)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*