APMIKIMMDO DPC Bekasi Raya Rombak Struktur Kepengurusan

Tambun Selatan (Bintang Save) – DPC Bekasi Raya Asosiasi Pengusaha Mikro Kecil dan Menengah Mandiri Indonesia (APMIKIMMDO) menggelar Halalbihalal di warung Sate Padang Ibun, Grand Wisata, Tambun Selatan, Rabu (25/5).

Selain dalam rangka silaturahmi, kegiatan yang berlangsung sekitar pukul tiga sore itu dilakukan untuk sekaligus memperkuat struktur kepengurusan organisasi tersebut.

“Ini momentum yang tepat. Selepas lebaran kita bisa lebih memperkuat soliditas pengurus dan anggota,” kata Ketua APMIKIMMDO Devi Alvera, SS.

Ia berharap, dengan kegiatan ini, baik pengurus maupun anggota dapat bersinergi demi kemajuan APMIKIMMDO dan UMKM di Kabupaten Bekasi.

“Pelaku UMKM anggota kita saat ini lebih dari 60an. Kami mendorong keaktifan kawan-kawan UMKM terutama para pengurus yang baru,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris APMIKIMMDO Aip Natakusuma, menjelaskan perihal kepengurusan organisasi yang perlu disusun ulang setelah beberapa bulan mengalami kevakuman. Menurut Aip, hal tersebut lantaran adanya perubahan total organisasi di level pusat.

“Awalnya asosiasi ini bernama Himpunan Pengusaha Mikro dan Kecil Indonesia (HIPMIKINDO) kemudian berganti nama menjadi APMIKIMMDO,” ungkapnya.

“Dan ini (nama yang baru-red) sudah terdaftar di Kemenkumham. Legalitasnya alhamdulillah sudah keluar semua,” tambahnya menegaskan.

Situasi itu, terangnya, membuat struktur di tingkat daerah harus mengalami penyesuaian. “Sedangkan untuk program memang kita sudah ada, jadi hanya tinggal melanjutkan saja,” imbuh Aip.

Ditemui Bintang Save usai acara, salah seorang anggota APMIKIMMDO, Ahmad Sobandi, yakin pelaku UMKM bakal lebih berkembang jika bergabung dengan suatu komunitas semacam APMIKIMMDO.

Pasalnya, kata dia, ada dua permasalahan dasar UMKM. Dan keduanya bisa terselesaikan jika pelaku UMKM bergabung dengan komunitas.

“Persoalan yang pertama yaitu permodalan. Dan kedua, adalah pemasaran,” simpulnya. Ahmad merinci sejumlah keuntungan yang akan didapati anggota APMIKIMMDO.

“Apa saja? Pertama, anggota akan difasilitas untuk memiliki NIB (nomor induk berusaha). Kemudian difasilitasi mendapatkan pendanaan usaha, dilatih skil bisnis maupun manajerial, dibantu memasarkan produknya melalui marketplace, dan yang penting dapat memperluas jaringan usaha,” paparnya.

Selain itu, ada banyak bidang dalam APMIKIMMDO yang bisa mengakomodasi berbagai jenis usaha UMKM, seperti perizinan dan pendanaan, bidang IT dan digital marketing, bidang pertanian, hingga peternakan dan kehutanan.

“Ini peluang yang bisa kita gali. Visinya luar biasa. Kita juga lebih update. Saat ada informasi soal pelatihan atau pendanaan kita itu tahu duluan,” pungkasnya. (Ccp)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*