Perguruan Silat Gentur Genam Lantik Pengurus Cabang Buaran- Desa Lambangsari

Tambun Selatan (Bintang Save) – Kiprah Perguruan Silat Gentur Genam (Gentur Genam Martial Arts College) sebagai sebuah perguruan silat tradisional sudah tidak diragukan lagi. Perguruan seni bela diri ini bahkan cukup diminati untuk dipelajari di banyak tempat.

Yang terbaru, Gentur Genam kembali melebarkan sayapnya dengan meresmikan cabang perguruan di Buaran, Desa Lambangsari, Kecamatan Tambun Selatan pada 23 April 2022.

Ketua Umum Perguruan Silat Gentur Genam, Abdul Manan, mengatakan bahwa peresmian cabang Buaran perlu disegerakan. “Pertimbangannya, adalah antusiasme siswa didik yang dari waktu ke waktu semakin bertambah –hingga kini mencapai 90 orang siswa,” kata dia.

Selain itu jyga, para tokoh masyarakat nampak pro aktif mendukung keberadaan perguruan Gentur Genam di daerah Buaran tersebut.

Dirinya melanjutkan, keberhasilan sosialisasi silat Gentur Genam di daerah Buaran tidak lepas dari andil antara lain Ketua Harian Pusat, Udin Zainudin, dan beberapa rekan serta tokoh mastyarakat setempat.

Adapun para pengurus cabang Buaran yang dilantik oleh Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal Perguruan Silat Gentur Genam Pusat adalah sebagai berikut:

 

Dewan Pembina : Kades Lambangsari, Ketua Umum PSGG, Sekjen PSGG,

Dewan Penasehat PSGG Pusat

1.Dewan Penasihat : Encang Doni

2.Dewan Pembina : Bang Udin Zainudin

3.Ketua Cabang : Dede Yusuf

4. Sekretaris : Matsani

5.Bendahara : Saripudin

6.Ketua Harian : Sarnulih

7.Dewan Guru : Yadih Supriyatna

8.Dewan Pelatih : Yoga,Soleh,M. Reza

9.Divisi Seni : Badruloh

10.Koorlap : Samsudin

11.Humas : Miat

12.Perlengkapan : Nilam Cahya

 

Pelantikan pengurus cabang ini dilakukan secara sederhana, tetapi berlangsung dengan hikmat dan penuh kekeluargaan.

Abdul Manan berharap, ke depannya semoga para pengurus cabang yang telah dikukuhkan ini dapat menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab. “Dapat membawa Perguruan silat Gentur Genam lebih maju dan lebih dikenal,” ucapnya.

Tidak hanya itu, ia juga berharap perguruan dapat memberikan azas manfaat di mata masyarakat, bangsa, dan negara Indonesia sebagai wujud bela bakti terhadap NKRI.

Ditemui secara terpisah, Ketua Cabang Buaran-Lambangsari Dede Yusuf, menyatakan bahwa dirinya siap lahir bathin berjuang bersama memajukan PSGG ke depan.

Pada prinsipnya, jurus Gentur Genam, ekspektasinya pada budaya kehidupan manusia itu sendiri secara general, yang tertuang dalam 11 Budaya Kemanusiaan, yang dipadukan dengan bahsa asli Bekasi. Pasalnya, Silat Gentur Genam merupakan asli silat Betawi Kampung Jatimulya.

 

Adapu jurus Gentur Genam yakni sebagai berikut:

 

1. (G) Giat berlatih, membina raga menjadi terampil;

(Getol Silat Biar Pinter)

 

2. (E) Menumbuhkan sikap empati;

(Punya hati yang mulia)

 

3. (N) Menanamkan nilai nilai ketahuidan;

(Ngejalanin ajaran Agama)

 

4. (T) Menjadi insan Pesilat yang Bertakwa;

(Jadi orang yang patuh pada Allah SWT/Tuhan yang Maha Kuasa)

 

5. (U) Menanamkan sikap tawadhu;

(Kaga jadi orang sombong)

 

6. (R) Bersikap sopan,santun dan ramah antar sesama;

(Bisa membawa diri)

 

7. (G) Teguh pada prinsip dan istiqomah dalam tindakan;

(Kokoh pendirian, sabar dalam perbuatan)

 

8. (E) Memiliki nilai Estetika (seni) yang tinggi

(Bisa nunjukin nilai seni yang baik)

 

9. (N) Menghindari perbuatan yang bernilai destruktif

(Pantang berbuat keburukan)

 

10 (A) Pantang lari dari tangung jawab;

(Tanggung jawab adalah harga diri)

 

11.(M) Menjunjung tinggi nilai silaturahmi; (Tumbuhin nilai persaudaraan)

 

11 budaya kemanusiaan yang tertuang sebagai ekspektasi budaya dalam kehidupan tersebut, dicetuskan oleh guru besar Perguruan Silat Gentur Genam, Abdul Manan.

Dalam prespektif budaya dan kemanusiaan sangat mengena pada sendi kehidupan, jadi bukan hanya gerakan silat gentur genam yang dibangunnya, lebih dari itu pada azas manfaat di masyarakat secara umum.

Dalam acara pelantikan, Dewan Pengurus Pusat (DPP Perguruan Silat Gentur Genam), Pengurus menghadirkan Ketua umum Abdul Manan, Sekretaris Jenderal Ramdani Saputra.,M.MPd, dan Dewan Penasehat DR. Deny Ardiansyah Lubis.SH.MH. beserta ketua harian pusat Udin Zainudin. (TS)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*