UMKM Tambun Utara Bangkit dari Pandemi

Tambun Utara (Bintang Save) – Forum Komunikasi UMKM Tambun Utara menyelenggarakan Gebyar Bazar dan Festival Kuliner di halaman parkir kolam renang Water Splash, Perum Darmawangsa, Desa Satriajaya, Kecamatan Tambun Utara, Jumat (25/3/) pagi.

Dikatakan Ketua Forum Komunikasi UMKM Tambun Utara, Hj. Elok, kegiatan hari ini merupakan upaya UMKM untuk bangkit dari keterpurukan akibat pandemi Covid-19. Diakuinya, cukup banyak pelaku UMKM yang tidak mampu bertahan alias gulung tikar akibat terpaan badai pandemi.

“Melalui kegiatan ini lah kami ingin menunjukkan eksistensi sekaligus tekad yang kuat untuk dapat bangkit kembali,” ujarnya.

Dukungan pun mengalir. Salah satunya datang dari Camat Tambun Utara, H. Najmuddin. “Kegiatan hari ini adalah yang pertama dilaksanakan dalam dua atau tiga tahun terakhir selama pandemi Covid. Tentunya kami sangat mendukung, sebab kegiatan bazar menunjukkan eksistensi UMKM di Tambun Utara,” katanya.

Acara resmi dibuka secara simbolis dengan pemotongan pita oleh Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah Kabupaten Bekasi, Gatot Purnomo.

Menurut Najmuddin, di Tambun Utara ada sekitar 200 unit/pelaku UMKM yang terdaftar. “Rata-rata mereka terutama yang tergabung dalam forum UMKM ini masih eksis. Produk-produknya juga sangat berpotensi untuk terus dikembangkan,” terangnya.

Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah Kabupaten Bekasi, Gatot Purnomo, memuji kegiatan bazar yang diselenggarakan juga dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan itu. “Produk-produknya menjanjikan,” puji dia.

Ketua Forum Komunikasi UMKM Tambun Utara, Hj. Elok.

Karena itu, lanjut Gatot, kegiatan promosi semacam gebyar bazar ini harus rutin berjalan. “Sebab pemerintah berencana membangun sebuah wadah untuk pengembangan dan promosi produk UMKM,” ungkapnya.

Jadi, dijelaskannya, dengan bazar seperti hari ini, produk-produk UMKM Tambun Utara yang menjanjikan itu nantinya bisa ikut dipromosikan.

Camat Tambun Utara, H. Najmuddin.

Gebyar Bazar UMKM tahun ini diikuti 38 pelaku UMKM dari berbagai sektor usaha, mulai makanan dan minuman kemasan hingga produk kerajinan tangan.

Jika ditotal, ada sekitar 50an stand yang disiapkan oleh panitia untuk produk UMKM, penjualan produk sponsor, dan layanan pembuatan perizinan berusaha.

Tidak hanya bazar, acara juga dimeriahkan dengan gelaran fashion show, lomba mewarnai, memasak, marawis, hingga donor darah dari PMI Kabupaten Bekasi. (Ccp)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*