Wali Kota Buka Musrenbang 2022 dan RKPD Kota Lubuklinggau Tahun 2023

Lubuklinggau (Bintang Save) – Wali Kota Lubuklinggau, H. SN. Prana Putra Sohe didampingi Wakil Wali Kota, H. Sulaiman Kohar memimpin langsung kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kota Lubuklinggau tahun 2022 dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2023 di Cinema Hall Moneng Sepati, Kantor Wali Kota Lubuklinggau, Jl. Garuda, Kelurahan Kayu Ara, Kecamatan Lubuklinggau Barat I, Rabu (23/3/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Wali kota mengatakan, bahwa Musrenbang yang dilaksanakan setiap tahun ini dilakukan dalam upaya singkronisasi RKPD di Kota Lubuklinggau supaya tertata dengan lebih baik. Terlebih, untuk mensinkronisasikan antara program Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kota Lubuklinggau.

“Kegiatan ini memang sangat penting, apalagi mengingat bahwa Kota Lubuklinggau sangat kekurangan Sumber Daya Alam (SDA) dan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Sehingga, untuk mengadakan program – progam pembangunan menjadi terkendala karena tidak memiliki uang untuk membangun,” ungkapnya.

Apalagi semenjak pandemi Covid-19, anggaran di Kota Lubuklinggau direfocusing. Sebagai contoh program “Ayo Ngelong ke Lubuklinggau” digeser ke tahun 2023.

Kendati demikian, sebagaimana arahan dari pemerintah pusat, pembangunan di daerah berjuluk “Sebiduk Semare” harus tetap berjalan.

“Ini semua tentunya berkat kerja keras semua aparatur dan dukungan berbagai pihak, khususnya masyarakat Kota Lubuklinggau,” kata pria yang karib disapa Nanan itu.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Daerah dan Penelitian Pengembangan (Bappeda Litbang) Kota Lubuklinggau, H. Emra Endi Kesuma menjelaskan, dilaksanakannnya Musrenbang Kota Lubuklinggau tahun 2022 dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2023 tersebut, dilandasi oleh sejumlah kebijakan antara lain, UU Nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, UU Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

PP Nomor 8 Tahun 2008 tentang Tahapan Tata Cara Penyusunan Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Perencanaan Pembangunan Daerah.

PP RI Nomor 25 tahun 2017 tentang Partisipasi Masyarakat dalam Penyetaraan Pemerintah Daerah, Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencaaan Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Permendagri Nomor 70 tahun 2019 tentang Sistem Informasi Pemerintah Daerah dan Perda Kota Lubuklinggau Nomor 6 Tahun 2014 tentang Sistem perencanaan pembangunan dan penganggaran terpadu serta Perda Nomor 11 tahun 2021 tentang APBD Kota Lubuklinggau tahun 2022.

Lebih lanjut, dikatakan mantan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Lubuklinggau ini, serta peserta seluruh perangkat daerah, Akademisi, Instansi Vertical dan pihak terkait lainnnya se Kota Lubuklinggau ini antara lain bertujuan membahas dan

“Kami ingin mendapat masukan untuk penyempurnaan RKPD Kota Lubuklinggau tahun 2023, dan tentunya merumuskan hasilnya dalam berita acara kesepakatan. Harapannya, seluruh kegiatan dan program dapat berjalan sesuai dengan apa yang telah direncanakan,” ucap H. Emra.

Berdasarkan pantauan Bintang Save di lokasi acara, nampak menghadiri unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), Kejari Lubuklinggau, Willy Ade Chaidir; Kapolres Lubuklinggau, AKBP Harissandi; Dandim 0406/Lubuklinggau, Letkol Arm Anggeng Prasetyo Sulistyo; dan Ketua PN Lubuklinggau, Imam Santoso.

Adapun yang didapuk menjadi narasumber adalah Direktur Tata Ruang dan Penanganan Bencana Bappenas, Drs.Sumedi Andono Mulyo, MA.; Sekretaris Bappeda Litbang Propinsi Sumsel, Ir. H. Harrey Hadi, M.S.; dan Rektor UNMURA Prof Dr Andy Mulyana, MSc. (ADV/Iis Sugiarti)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*