Hari Pangan Sedunia, Dinas Ketahanan Pangan Bagikan 200 Paket Bahan Makanan Bergizi di Desa Nagacipta

Serang Baru (Bintang Save) – Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Bekasi memanfaatkan momen peringatan Hari Pangan Sedunia ke-41 yang jatuh pada tanggal 16 Oktober 2021 ini untuk melakukan kampanye dan sosialisasi tentang pola makanan yang beragam, bergizi, seimbang serta sehat.

Sosialisasi dilakukan di Desa Nagacipta, Kecamatan Serang Baru, Rabu (27/10/2021) pagi.
Pada kesempatan itu, DKP juga turut membagikan 200 lebih paket bahan makanan bergizi kepada masyarakat desa.

“Tujuan diperingatinya Hari Pangan yakni dalam rangka upaya mengedukasi masyarakat tentang arti pentingnya pangan beragam, bergizi, seimbang dan sehat,” kata Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Drs. H. Herman Sujito, M.Si.

Pola makanan tersebut, menurutnya, sangat penting. Apalagi, mengingat dalam kondisi pandemi grafik penurunan gizi masyarakat cukup tinggi.

Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Drs. H. Herman Sujito, M.Si.

Adapun paket bahan makanan sehat yang dibagikan berisi beras, sayur-sayuran, nugats, dan lain-lain. “Paket tersebut kami bagikan tidak sembarangan, hanya di titik-titik rumah tangga tertentu berdasarkan laporan yang diperoleh dinas,” jelas Herman.

Selanjutnya, dipaparkan Herman, demi menjamin ketersediaan dan akses pangan DKP juga melaksanakan sejumlah program strategis. Misalnya, program Warung Pangan yang dapat ditemui di daerah-daerah rentan rawan pangan.

“Ada juga program menyalurkan cadangan pangan (beras-red) untuk per jiwanya sebanyak tiga kilogram,” ungkapnya.

Program tersebut didistribusikan bagi warga di lima kecamatan yang rentan rawan pangan, yaitu Muaragembong, Pebayuran, Serang Baru, Tambun Selatan, dan Kedung Waringin.

Sementara yang berkaitan dengan diversifikasi pangan, DKP menggelar lomba cipta menu (LCM).

“Harapannya, (melalui lomba LCM) kami ingin mensosialisasikan kepada masyarakat agar pola konsumsinya diubah. Jangan monoton. Tetapi lebih beragam, namun juga tetap bergizi, seimbang dan sehat,” ujarnya. (Adv)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*