Pemdes Ragemanunggal Gelar Musdes, Usulan yang Tidak Teralisasi Pada 2021 Bakal Menjadi Prioritas Tahun 2022

Setu (Bintang Save) – Pemerintah Desa (Pemdes) Ragemanunggal bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) setempat menggelar Musyawarah Desa (Musdes), Senin (25/10) pagi, dengan agenda bahasan terkait pengumpulan aspirasi musyawarah dusun.

“Hari ini kita kumpulkan aspirasi masyarakat. (usulan yang masuk) kita tampung. Dan yang pada 2021 tidak terealisasi insya Allah 2022 akan menjadi prioritas,” ucap Kepala Desa Ragemanunggal, Endi.

Namun jumlah aspirasi yang ditampung belum diketahui karena kegiatan berlangsung baru sebatas pengumpulan. Kata Endi, rekapitulasi akan segera dilakukan untuk melihat jumlah dan apa saja aspirasi masyarakat.

“Ada yang soal infrastruktur, kegiatan kelompok kerja, dan kelompok tani. Tahun depan, harapan saya kita (bisa) fokus kepada pertanian untuk pemulihan ekonomi,” ujarnya.

Kegiatan tersebut bervariasi, kata Endi, mulai beternak sapi, domba, dan juga ikan. Tujuannya jelas, yaitu agar ekonomi masyarakat kembali bangkit pasca Covid-19.

Di tempat yang sama, Ketua BPD Ragemanunggal, Sukarma Wijaya, menjelaskan secara teknis bahwa aspirasi yang masuk akan diverifikasi oleh Tim 11 untuk kemudian diserahkan kembali kepada BPD.

Ketua BPD Ragemanunggal, Sukarma Wijaya, memaparkan agenda Musdes kepada para peserta.

Hasil akumulasi aspirasi yang telah terverifikasi akan di-Musdes-kan BPD bersama Pemerintah Desa.

“Aspirasi yang, misal tahun 2021 belum ter-cover, akan jadi skala prioritas tahun 2022 pada RKPDes nanti,” ucap dia.

Selain BPD, pada kegiatan tersebut hadir juga LPK, Karang Taruna, Bhabinkamtibmas, Kader Posyandu, PKK, dan Babinsa.

Pengembangan Situ Rawa Hambaro

Situ Rawa Hambaro sempat viral dimedia sosial beberapa waktu lalu. Suasananya yang masih asri menjadi daya tarik tersendiri, sehingga dipandang dapat dioptimalkan untuk menjadi salah satu sumber pendapatan.

Kepala Desa Ragemanunggal, Endi, mengatakan status Situ Rawa Hambaro merupakan milik pengembang perumahan Harvest City.

Kepala Desa Ragemanunggal, Endi.

Pemerintah Desa Ragemanunggal sudah menjalin kerjasama dengan pengembang untuk mengelola situ tersebut secara resmi.

“Kita sudah mendapat izin dari Harvest. Mudah-mudahan kedepan tempat wisata itu kita akan mulai tingkatkan infrastruktur,” kata Endi.

Pemdes Ragemanunggal bakal mulai menata Situ Rawa Hambaro, menurut Endi, dalam pengelolaannya bakal diserahkan kepada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

“(pengelolaannya) nanti oleh BUMDes. Alhamdulilah kita sudah mulai, nanti ada tersedia permainanan anak dan sebagainya,” ucap dia.

Endi yakin jika dikelola secara baik dan profesional, selain jadi tempat wisata untuk masyarakat, di satu sisi dapat menjadi sumber penghasilan warga setempat.

Ketua BPD Ragemanunggal, Sukarma Wijaya, mendukung rencana pemdes, ia meyakini Situ Rawa Hambaro memiliki potensi wisata lokal.

“Dapat untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan juga mengangkat nama baik desa,” demikian dia. (Ccp/Nur)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*