Dinas Perikanan Berikan Pelatihan Praktek Laminasi Kapal Kepada Nelayan di Babelan

Cikarang (Bintang Save) – Dinas Perikanan┬áKabupaten Bekasi menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Praktek Lapangan Laminasi Kapal Kayu bagi para nelayan kecil yang tergabung dalam kelompok KUB Tanjung Jaya, berlokasi di Desa Hurip Jaya, Kecamatan Babelan, Kamis (23/9) pagi.

Kegiatan ini merupakan lanjutan dari pelatihan teori yang sebelumnya telah berlangsung di Hotel Grand Zuri pada tanggal 21-22 September 2021.

Nampak hadir Drs. P. Tanjung, M.Si. selaku Kabid Perikanan Tangkap pada Dinas Perikanan, Kasie Pemberdayaan Nelayan Ida Mayani, S.Pi, M.Si., dan sejumlah jajaran Dinas Perikanan Kabupaten Bekasi.

Adapun tutor yang didatangkan oleh Dinas Perikanan adalah dari Balai Penelitian dan Penyuluhan Perikanan (BPPP) Tegal UPT BRSDM KP, yakni Kustanto, S.P , M.P., Triyas Wahyuning Putri, S.P , M.P., dan Wahyu Surya L, A.Md.

Ditemui Bintang Save di lokasi kegiatan, Kasie Pemberdayaan Nelayan Ida Mayani, S.Pi, M.Si., mengatakan bahwa, kegiatan praktek melaminasi kapal kayu ini memiliki tujuan untuk meningkatkan keterampilan para nelayan di Kabupaten Bekasi, khususnya di wilayah Kecamatan Babelan.

“Melalui kegiatan ini, kami berharap nelayan-nelayan nantinya menjadi lebih mandiri. Apabila ada kerusakan mereka bisa memperbaikinya sendiri,” ucapnya.

Dirinya menjelaskan, pelatihan laminasi kapal kayu merupakan program Dinas Perikanan dalam upaya pengembangan kapasitas nelayan. Dan selama tahun 2021 ini, kata Ida, Dinas Perikanan telah mengikutsertakan sebanyak 100 orang nelayan dari empat kecamatan, yaitu Babelan, Muaragembong, Cabangbungin, dan Tarumajaya.

“Pelatihan kami bagi kedalam empat group. Setiap groupnya diikuti oleh 25 orang nelayan,” jelasnya.

Lebih jauh mengenai program pengembangan kapasitas nelayan yang dilakukan Dinas Perikanan, diungkapkan Kabid Perikanan Tangkap pada Dinas Perikanan, Drs. P. Tanjung, M.Si., bukan hanya seputar pelatihan keterampilan.

“Tetapi juga meliputi pemberian bantuan semisal mesin kapal, cooldbox, hingga jaring tangkap,” katanya.

Selain daripada itu, Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Dinas Perikanan telah menganggarkan pengadaan kapal sebanyak 21 unit. “Kapal-kapal ini nantinya akan kami berikan kepada tujuh koperasi nelayan,” ungkapnya.

Dengan segala upaya yang dilakukan tersebut, lanjutnya, diharapkan para nelayan dapat bekerja lebih efektif sehingga mendongkrak produktivitas dan kualitas hasil tangkapan.

Berdasarkan pantauan Bintang Save, peserta nampak antusias mengikuti kegiatan. “Kami tentunya senang dan mengucapkan terima kasih dengan adanya bantuan dari Dinas Perikanan. Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi nelayan.”

“Tetapi harapannya juga, kedepan Dinas Perikanan bisa terus meningkatkan perhatiannya kepada kami nelayan kecil di Babelan. Mudah-mudahan sektor perikanan di Kabupaten Bekasi semakin maju,” ujar Ketua KUB Tanjung Jaya, Muji. (Adv/TS)

 

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*