Asyikk, Setu Bakal Punya Destinasi Wisata Baru

Setu (Bintang Save) – Warga Bekasi akan punya destinasi wisata baru. Lokasinya di Situ Burangkeng yang terletak di Desa Ciledug, Kecamatan Setu. Optimalisasi Situ Burangkeng sebagai objek wisata keluarga ini diinisiasi oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Ciledug.

Kepada Bintang Save, Direktur BUMDes Ciledug, Gunawan, mengatakan bahwa Situ Burangkeng memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata.

Meski begitu, pengembangan wisata di Situ ini terkendala lantaran legalitas tanahnya dimiliki Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum.

Namun kabar baiknya, kata Gunawan, datang ketika pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Ciledug mengikuti kegiatan diskusi yang di antaranya dihadiri oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Bekasi, pegiat lingkungan hidup Institut Pertanian Bogor (IPB), dan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), serta stakeholder terkait lainnya.

“Dari diskusi tersebut, kami menyampaikan konsep pengelolaan Situ Burangkeng yang mau dijadikan objek wisata. Dan, Alhamdulillah, semua merespon positif,” ungkap Gunawan, Kamis (9/12).

Pada prinsipnya, lanjut Gunawan, pemerintah sangat mendukung danau ataupun sungai milik BBWS yang memiliki potensi wisata untuk dapat dikembangkan oleh masyarakat.

Karena itu, saat ini BUMDes Ciledug secara perlahan mulai menata dan mengembangkan Situ Burangkeng menjadi destinasi wisata desa.

 

Nantinya akan dibangun jembatan sebagai spot swafoto, patung air mancur, perahu bebek-bebekan, kuliner, dan lain-lain.

“Kami akan membangun secara swadaya dengan melibatkan masyarakat setempat,” ucapnya.

Pengembangan secara partisipatif ini diyakini Gunawan dapat memberdayakan masyarakat Desa Ciledug.

Adapun untuk pengelolaan situ yang memiliki luas 6,3 hektar ini akan diserahkan kepada BUMDes. “Kami berharap destinasi wisata di Situ Burangkeng ini dapat meningkatkan PADes (pendapatan asli desa) dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Ciledug,” pungkas Gunawan. (Ccp)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*