Jaga Kewaspadaan, SMPN 1 Cikarang Barat Gelar Tes Swab Antigen

Cikarang Barat (Bintang Save) – Meski curva penyebaran Covid-19 di Kabupaten Bekasi tengah dan terus melandai, namun kewaspadaan harus tetap dijaga. Tentunya, selain dengan vaksin, melakukan tes Covid secara rutin perlu sebagai upaya pencegahan.

Hal ini lah yang dilakukan oleh SMPN 1 Cikarang Barat, bersama dengan Dinas Kesehatan dan Puskesmas Telaga Murni, menggelar swab test antigen terhadap seluruh komponen sekolah, Rabu (24/11).

Kepala SMPN I Cikarang Barat H. Ewan Sunandar, M.Pd., mengatakan bahwa swab test antigen dilakukan setelah berlangsungnya kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM) selama sekitar lima bulan.

“Kami ingin memastikan seluruh komponen di sekolah dalam kondisi sehat, terbebas dari Covid,” katanya.

“Tentunya juga dalam rangka mempersiapkan diri menghadapi ujian semester pada bulan Desember mendatang,” terang Ewan.

Adapun yang mengikuti swab test antigen hari ini adalah mulai dari Kepala sekolah, guru, dan para staf tata usaha (TU). Sementara dari 1.400 lebih murid, sebenyak 10 orang siswa/siswi yang merupakan perwakilan dari setiap kelas diikutsertakan sebagai peserta.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Puskesmas Telaga Murni dr. Ganda Tua Siregar, menjelaskan bahwa kegiatan pemeriksaan kesehatan (medical check up) swab test antigen ini merupakan kerjasama yang sudah dilakukan oleh pihak sekolah dengan puskesmas.

“Kesadaran untuk melakukan cek kesehatan atau tes Covid oleh tenaga profesional memang perlu sebagai upaya pencegahan di level masyarakat. Walaupun pemerintah sudah bekerja keras dengan mewajibkan vaksin,” ungkapnya.

Kegiatan cek kesehatan dan swab test ini disambut baik oleh peserta. Salah satunya adalah Fani, guru untuk mata pelajaran IPA.

“Swab test ini sangat penting agar kita bisa tahu kondisi kesehatan tubuh. Meskipun saat dilakukan tes terasa perih sampai harus mengeluarkan air mata. Tapi masih lebih baik daripada kita terus merasa takut terpapar virus,” ucap Fani. (TS)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*