Hari Pangan Sedunia 2021, Camat Serang Baru: Masih Ada Tiga Desa yang Rentan Rawan Pangan

Camat Serang Baru, Mirtono Suherianto.

Serang Baru (Bintang Save) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) menyelenggarakan Hari Pangan Sedunia ke-41 tingkat Kabupaten Bekasi yang jatuh pada tanggal 16 Oktober 2021 di Desa Nagacipta, Kecamatan Serang Baru, Rabu (27/10/2021) pagi.

Camat Serang Baru, Mirtono Suherianto, mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan DKP yang berlangsung di wilayahnya.

Pasalnya, Desa Nagacipta yang merupakan tempat diselenggarakannya acara termasuk dalam daerah rentan rawan pangan.

“Di Kecamatan Serang Baru itu daerah yang masih rentan rawan pangan ada di tiga desa, yakni Desa Nagasari, Nagacipta, dan Cilangkara,” katanya kepada Bintang Save usai acara.

Kenapa demikian? “Karena masyarakatnya masih mengandalkan pertanian di lahan-lahan tadah hujan namun tanpa sistem pengairan yang baik. Jadi untuk mengairi sawah hanya mengandalkan hujan,” jelas Mirtono.

Kondisi itu diperkuat dengan fakta, bahwa warga di desa itu yang bekerja jumlahnya hanya sekitar 30%-an, dan sisanya menggantungkan hidup dari bertani.

“Dengan adanya kegiatan ini kami berharap jadi pelecut untuk warga yang tadinya pola pikirnya bertani (di lahan tadah hujan), bisa menggunakan –misalnya– sistem hidroponik,” ungkapnya.

Maka dari itu, dirinya berharap, ada perhatian dan sinergi yang dilakukan oleh Pemkab Bekasi untuk memberdayakan masyarakat dengan menggali potensi yang ada di Serang Baru.

“Harapan lainnya, melalui kegiatan ini masyarakat jadi tahu bahwa makanan pokok bukan hanya nasi, tapi juga ada jagung, umbi -umbian, ikan, dan sebagainya,” pungkas Mirtono.

Sebagai informasi tambahan, dalam kegiatan yang dihadiri oleh Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Drs. H. Herman Sujito, M.Si., Dinas Ketahanan Pangan melakukan kampanye dan sosialisasi tentang pola makanan yang beragam, bergizi, seimbang serta aman.

Pada kesempatan itu, DKP juga turut membagikan 200 lebih paket bahan makanan bergizi kepada masyarakat desa. (Adv)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*