Dongkrak Kapasitas Nelayan, Dinas Perikanan Gelar Pelatihan Laminasi Kapal Kayu

Cikarang (Bintang Save) – Dinas Perikanan Kabupaten Bekasi menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Laminasi Kapal Kayu bagi nelayan kecil di wilayah pesisir di Kabupaten Bekasi.

Berlangsung di Hotel Grand Zuri tanggal 21-22 September 2021, kegiatan pelatihan yang dilakukan selama dua hari itu bakal dilanjutkan dengan materi praktek lapangan pada 23 September 2021, di Desa Hurip Jaya, Kecamatan Babelan.

Dalam sambutannya, Plt. Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bekasi, Drs. H. Rohim Sutisna, M.Pd., mengatakan bahwa tujuan pelatihan laminasi kapal  adalah untuk meningkatkan ketrampilan para nelayan dalam melaminasi kapal dan mengembangkan kapasitas nelayan itu sendiri.

“Selain meningkatkan kemandirian pembuatan dan perawatan kapal, dengan ini diharapkan pula para nelayan dapat mendongkrak produktivitas dan kualitas hasil tangkapan,” ucapnya.

Dengan demikian, lanjut Rohim, akan berdampak pula terhadap peningkatan ekonomi nelayan karena penangkapan ikan menjadi lebih efektif.

Hal tersebut, kata dia, sejalan dengan Visi Kabupaten Bekasi 2017 -2022, yakni “Terwujudnya Bekasi yang Bersinar (Berdaya saing, Sejahtera, Indah dan Ramah lingkungan) tahun 2022”.

Dalam kaitannya dengan itu, dijelaskan Rohim, Dinas Perikanan mengemban tugas untuk pelaksanaan misi ke tiga yaitu memantapkan perekonomian daerah melalui sektor pertanian, perindustrian, perdagangan dan pariwisata.

Sementara mengenai penyelenggaraan acara pelatihan, dikatakan Drs. P. Tanjung, M.Si selaku Kabid Perikanan Tangkap pada Dinas Perikanan, pihaknya telah mengundang narasumber dari Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan Tegal.

“Biasanya, kami mengirim nelayan untuk mengikuti pelatihan di Tegal. Namun akibat pandemi Covid-19, pelaksanaan pelatihan justru diselenggarakan di Kabupaten Bekasi, dengan pemateri yang langsung didatangkan dari balai,” tuturnya.

Para peserta pun nampak antusias mengikuti kegiatan. Dari pantauan Bintang Save di lokasi acara, peserta banyak yang berdatangan bahkan sejak pagi hari. (Adv/TS)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*