Di Tengah Pandemi, Upacara Peringatan HUT RI ke – 76 di Kec. Setu Tetap Berlangsung Khidmat

Setu (Bintang Save) – Upacara pengibaran bendera merah putih dalam rangka memperingati HUT RI ke – 76 tingkat Kecamatan Setu berlangsung khidmat.

Nampak dalam kegiatan yang dilaksanakan di Lapangan Desa Cijengkol, Selasa (17/8/2021) pagi, hadir Camat Setu Joko Dwijatmoko, Kapolsek Setu Akp. Mukmin SH, Danramil 06/Setu, Sekcam Setu M. Ali Imran, kepala desa se-Kecamatan Setu, 11 ketua BPD, para ketua Karang Taruna Desa dan tokoh masyarakat di Kecamatan Setu.

Berfoto bersama, Camat Setu Joko Dwijatmoko dan para Kepala Desa se-Kecamatan Setu.

Dari pantauan Bintang Save, kegiatan upacara berlangsung dengan khidmat. Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19, peserta upacara pagi itu tak kehilangan kekhusuannya dalam menanti detik-detik pembacaan teks proklamasi dan pengibaran bendera ‘Sang Saka’ merah putih.

Terkait pelaksanaan upacara, Camat Setu Joko Dwijatmoko yang bertindak sebagai Inspektur Upacara, mengatakan pihak Kecamatan Setu memang membatasi jumlah peserta yang hadir demi menjaga protokol kesehatan.

Camat Setu Joko Dwijatmoko bersama para Ketua BPD se-Kecamatan Setu.

Dijelaskan Joko, upacara HUT RI ke – 76 tingkat Kecamatan Setu hanya dihadiri oleh sekitar 75 orang tamu undangan, dengan total kapasitas tempat acara sebesar 1.500 orang.

“Kami sebenarnya ingin mengundang seluruh lapisan masyarakat. Tetapi karena situasi pandemi, undangan kita sesuaikan,” kata Joko.

Penyesuaian juga dilakukan pada formasi Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) yang hanya berjumlah 9 orang, terdiri dari siswa siswi SMAN 1 Setu dan SMAN 2 Setu.

Kapolsek Setu, Akp. Mukmin SH., menyerahkan sertifikat dan medali penghargaan kepada Paskibraka.
Danramil 06/Setu menyerahkan sertifikat dan medali penghargaan kepada Paskibraka.

“Karena mengingat lapangan yang luas, komposisinya (dengan 9 orang-red) saya kira sudah pas. Sebab kalau memakai formasi 3 orang pun justru terlalu sedikit,” ungkapnya.

Selanjutnya, Joko berpesan, bahwa peringatan HUT RI kali ini memang harus dirayakan dengan penuh keterbatasan akibat pandemi Covid-19.

Kades Cijengkol, A. Saefullah, memberikan sertifikat dan medali penghargaan kepada Paskibraka.
Pemberian tumpeng kepada tokoh masyarakat.

“Karena itu, masyarakat harus memahami kalau saat ini kita sedang memerangi musuh yang tidak kasat mata. Tetap patuhi Prokes. Lakukan vaksin. Dan kita berharap masyarakat bisa terbebas dari covid, sehingga dapat kembali berkumpul seperti biasa,” ujar Camat.

Hal senada disampaikan pula oleh Kapolsek Setu Akp. Mukmin SH. Dirinya mengajak semua lapisan masyarakat untuk merayakan HUT RI ke – 76 dan HUT Kabupaten Bekasi ke – 71 ini dengan suasana khidmat.

(kiri) Kepala Desa Lubangbuaya, Maulana Yusup dan (kanan) Kepala Desa Cijengkol, A. Saefullah, berfoto bersama di halaman kantor Desa Cijengkol usai mengikuti rangkaian acara upacara peringatan HUT RI ke-76.

“Warga tidak diperkenankan menggelar lomba yang malah dapat menimbulkan kerumunan,” ucapnya.

Sebagai tuan rumah acara, Kepala Desa Cijengkol, A. Saefulloh, mengucap syukur karena pelaksanaan upacara berjalan dengan baik.

“Mudah- mudahan, tahun depan kita sudah bisa melaksanakan upacara secara normal. Pada hari kemerdekaan ini sama-sama kita berharap dan berdoa agar pandemi ini segera berlalu,” imbuhnya. (Nur Pulo/Ccp)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*