Literasi Berbasis Inklusi Sosial: Perkuat Peran Perpustakaan dalam Meningkatkan Kualitas SDM

Cikarang (Bintang Save) – Dinas Arsip dan Perpustakaan melalui Bidang Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan melaksanakan kegiatan Sosialisasi Literasi Berbasis Inklusi Sosial di Hotel Citra Inn, Cikarang, Kamis (8/4) pagi.

Kegiatan ini dibuka oleh Dra. Wawat Watinih selaku Sekretaris Dinas yang mewakili Kepala Dinas. Peserta dihadiri sebanyak 40 orang perwakilan dari 20 desa di Kabupaten Bekasi.

Bertindak sebagai narasumber dalam acara pagi hari itu adalah Drs. Renus Siboro dari Perpustakaan Nasional RI dan Dr.Hj. Com Nurrohmah, M.Si dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat.

Pada kegiatan tersebut, dipaparkan mengenai literasi yang sejatinya merupakan kemampuan seseorang dalam mengolah dan memahami informasi saat melakukan proses membaca dan menulis. Dalam perkembangannya, definisi literasi selalu berevolusi sesuai dengan tantangan zaman, salah satunya yakni “Literasi Berbasis Inklusi Sosial”.

Literasi mempunyai peranan penting dalam mendorong kesejahteraan masyarakat, dan perpustakaan memiliki andil dalam meningkatkan literasi masyarakat itu sendiri.

Pemerintah Kabupaten Bekasi dengan Dinas Arsip dan Perpustakaan melalui program Literasi Berbasis Inklusi Sosial yang merupakan turunan dari program Perpustakaan Nasional RI, yaitu Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial terus berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat salah satunya melalui literasi.

Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial yang dimotori oleh Perputakaan Nasional RI ini bertujuan memperkuat peran perpustakaan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, sehingga kemampuan literasi meningkat yang berujung pada peningkatan kreativitas masyarakat dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. (Adv)

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*