Dorong Bisnis UKM, Dinas Perikanan Gelar Bazar Produk Olahan Berbahan Ikan

Cikarang Selatan (Bintang Save) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi terus berupaya mendorong aktivitas bisnis pelaku UMKM dimasa pandemi agar tetap bergeliat. Kali ini, Pemkab Bekasi melalui Dinas Perikanan Kabupaten Bekasi menggelar kegiatan bazar produk-produk olahan berbahan dasar ikan, Selasa (30/3/2021) pagi.

Adapun kegiatan yang diadakan di Meikarta Distrik 1 Jln. Buelavard Raya Cibatu, Cikarang Selatan, itu berlangsung selama dua hari yakni pada tanggal 30 – 31 Maret 2021.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Perikanan, Ir. H. Agus Trihono, MP., merasa perlunya kegiatan ini diadakan karena memiliki beberapa tujuan. Pertama, adalah untuk mengurangi angka stunting dengan menggelorakan gerakan gemar memakan ikan.

“Melalui kegiatan ini, informasi mengenai makanan seimbang dan bergizi dapat lebih diketahui oleh masyarakat. Sehingga angka konsumsi ikan masyarakat Kabupaten Bekasi bisa meningkat,” ucapnya.

Dipaparkan Agus, untuk di Kabupaten Bekasi angka konsumsi ikan masyarakatnya masih sangat rendah, yakni 27 kg per kapita per tahun. Sedangkan pada level nasional, angkanya mencapai 54 kg per kapita per tahun.

“Angka itu pun masih belum seberapa jika kita bercermin ke negara lain. Jepang misalnya, konsumsi ikan mereka sudah 100 kg per kapita per tahun,” jelasnya.

Oleh karena itu, kata Agus, adanya kegiatan ini diharapkan bisa mendorong minat masyarakat Kabupaten Bekasi dalam mengkonsumsi ikan.

“Apalagi, dalam bazar ini kami undang 30 peserta pelaku UKM dengan produk olahan berbahan dasar ikan. Dengan melihat ini, masyarakat akan mempunyai pilihan dalam mengolah ikan menjadi makanan sehari-hari keluarga,” ujarnya.

Dian, salah seorang peserta, mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Perikanan. Menurutnya, dukungan dari dinas bukan hanya membantu dirinya dan pelaku usaha lain dari sisi ekonominya saja. “Tetapi juga makanan khas Kabupaten Bekasi menjadi lebih dikenal oleh masyarakat,” imbuhnya.

Dirinya mengaku membawa banyak menu makanan berbahan dasar ikan ke dalam bazar. Antara lain petis udang, wader crispy, spaghetti seafood, abon lele, hingga abon tongkol.

Ariastuti Sumardi dari kelompak Nusantara Kabupaten Bekasi merasakan sendiri dukungan Dinas Perikanan terhadap kelangsungan bisnisnya. “Dinas sudah memberikan banyak dukungan, dari mulai cara pengelolaan, packaging dan pemasaran,” ucapnya.

Berdasarkan laporan Bintang Save di lokasi acara, nampak hadir Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (KUKM), Drs. H. Iyan Priyatna, M.Si., Kepala Dinas Perikanan, Ir. H. Agus Trihono, MP., Kabid PDS pada Dinas Perikanan Ir. H. Firman Heryadi, MM., Camat Cikarang Selatan, Kepala Desa Cibatu, para staff dan perwakilan Meikarta. (Ts)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*