RKPD 2022, Bappeda Catat 11.568 Usulan

Cikarang Selatan (Bintang Save) – Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bekasi, Dedi Supriyadi mencatat sebesar 11.568 usulan yang telah disampaikan oleh masyarakat melalui Musrenbang, baik dari tingkat desa hingga kabupaten.

Hal itu, diungkapkan Dedi pada acara puncak Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Kabupaten Bekasi tahun 2022, yang dilaksanakan di Hotel Holiday In Jababeka, Cikarang Selatan, Kamis (18/3/2021) lalu.

Dedi mengatakan, pihaknya juga menjaring usulan-usulan yang berasal dari pokok-pokok pikiran para anggota DPRD. “Jumlahnya mencapai 13.041 usulan,” ungkap Dedi.

Usulan yang masuk tersebut selanjutnya akan mengikuti skala prioritas dalam pengimplementasiannya. Hal tersebut, dijelaskan Bupati Bekasi, H. Eka Supria Atmaja, dalam sambutannya.

Secara lugas, Bupati menegaskan, bahwa pemulihan ekonomi menjadi prioritas pembangunan daerah di Tahun 2022. Bahkan untuk percepatan, seluruh industri diminta gunakan produk dari pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lokal.

“Program dan kegiatan pada rancangan RKPD Kabupaten Bekasi Tahun 2022 disusun dengan memprioritaskan pada upaya pemulihan ekonomi daerah,” kata Bupati.

Lebih lanjut, dijelaskannya untuk tahun 2021, Pemerintah Daerah masih terus fokus di bidang pendidikan dan infrastruktur. Pemkab Bekasi rencananya akan membangun sejumlah jalan yang menghubungkan antar desa.

Menurut Bupati, dengan terkoneksinya setiap desa, diharapkan dapat turut membantu pertumbuhan ekonomi dari skala terkecil.

Selain itu, program pembangunan unggulan di tahun 2021 yakni kenaikan honor RT/RW menjadi Rp1 juta per bulan, penambahan anggaran Rp1 miliar per Desa melalui Dana Alokasi Desa (DAD), dan pengangkatan imam berkemampuan khusus di setiap desa dengan honor sebesar Rp2,5 juta.

Bekasi Bedah Nata Rumah (Bebenah) juga akan berjalan melalui perbaikan 5.000 unit rumah tidak layak huni atau rutilahu. “Kemudian, program Bekasi Bersih Sehat Berkah (Berseka) dalam rangka penuntasan wilayah kumuh serta pembangunan destinasi wisata kuliner Jembatan Bojong.” jelasnya.

Dari laporan di lokasi, nampak hadir dalam acara tersebut Ketua DPRD Kabupaten Bekasi, BN Holik Qoratullah, Kapolres Metro Bekasi, Kombes Pol Hendra Gunawan dan Kepala Kejari, Raden Rara Mahayu Dian Suryandari serta para pimpinan perangkat daerah. (Ts)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*