Pemisahan Aset PDAM-TB Memasuki Tahap Akhir

Cikarang (Bintang Save) – Pemisahan aset Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Bhagasasi (PDAM-TB) memasuki tahap akhir. Hal itu, diungkapkan oleh Ketua DPRD Kabupaten Bekasi, HM. BN. Holik Qodratullah, Jumat (5/3/2021).

Menurutnya, sekarang tinggal bagaimana Bupati Bekasi bisa mempercepat proses pemindahan aset tersebut, agar tak berlarut-larut sehingga mengganggu jalannya pelayanan perusahaan plat merah itu kepada para pelanggannya.

Ketua DPRD Kab. Bekasi, BN Holik Qodratullah.

“Pada perinsipnya DPRD menyetujui (pemindahan aset-red) dengan satu landasan, yakni supaya pelayanan yang ada menjadi lebih baik,” ucapnya kepada Bintang Save.

Secara teknis, Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Bekasi, Hj. Ani Rukmini, menjelaskan bahwa proses pemisahan aset PDAM TB saat ini sudah melalui tahap persetujuan dewan dengan nilai kompensasi sebesar Rp. 155 miliar. Angka sebesar itu, katanya, sesuai rekomendasi dari Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Jawa Barat.

“Secara umum asset PDAM-TB diberikan paralel dengan nilai kompensasi yang dibayarkan oleh Pemerintah Kota Bekasi. Adapun dana kompensasi tersebut apakah akan masuk ke kas PDAM TB atau daerah saat ini sedang dalam kajian,” ungkapnya.

Ketua Komisi I DPRD Kab. Bekasi, Hj. Ani Rukmini.

Jika terealisasi, dijelaskan Ani, otomatis devidennya menjadi milik Kota Bekasi. “Namun secara teknisnya bagaimana masih menjadi bahan kajian bagi kedua belah pihak,” imbuh Ani.

Senada dengan BN. Holik, Ani Rukmini pun mendorong agar Bupati dan Walikota Bekasi untuk segera menindaklanjuti proses pemisahan aset PDAM-TB. “Karena hal itu merupakan rekomendasi dari pertemuan antara pimpinan DPRD Kabupaten dan Kota Bekasi pada hari Senin, 22 februari 2021 lalu yang difasilitasi oleh BPKP Provinsi Jabar,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, pemisahan aset tersebut dilakukan antara Pemerintah Kabupaten Bekasi dengan Kota Bekasi. Pemkot Bekasi yang telah mendirikan PDAM Tirta Patriot bakal mengambil alih aset PDAM-TB yang berada di wilayah Kota Bekasi. (Adv)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*