Dorong Nilai Tambah Produk UMKM, Dinas Perikanan Gelar Bazar Produk Olahan Ikan

Bazar digelar selama dua hari, yakni pada tanggal 28-29 November 2020 di Lt. 2 SGC.

Cikarang Utara (Bintang Save) – Dinas Perikanan Kabupaten Bekasi terus berupaya mendongkrak nilai tambah produk-produk UMKM, salah satunya dengan menyelenggarakn Bazar Produk Olahan Ikan bertajuk “Temukan Olahan Ikan Kesukaan Kamu” di Lt. 2 Sentra Grosir Cikarang (SGC), Sabtu (28/11/2020) pagi.

Nampak hadir dalam acara pembukaan Danramil Cikarang Utara, Kapolsek, Kepala Dinas Perikanan Ir. Agus Trihono, perwakilan Kementerian Kelautan dan Perikanan Ibu Gilang, dan sejumlah pejabat Dinas Perikanan Kabupaten Bekasi.

Kadis Perikanan, Ir. H. Agus Trihono, tengah berdialog dengan peserta bazar.

Kabid PDS, Ir. Firman Heriadi, menjelaskan bahwa kegiatan yang berlangsung selama dua hari itu bertujuan untuk memperkenalkan produk olahan ikan dalam rangka mewujudkan gerakan makan ikan dan meningkatkan konsumsi ikan di Kabupaten Bekasi.

“Adapun kegiatan ini diikuti oleh 30 kelompok usaha yang mengisi sebanyak 20 stand,” ucapnya.

Produk yang dipamerkan pun beragam, mulai dari olahan ikan lele, patin, hingga gabus. “Panitia mengharapkan kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan tetap memperhatikan protokol Covid-19,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Ir. Agus Trihono, menjelaskan acara pada pagi itu merupakan bagian dari rangkaian kegiatan hari ikan nasional ke-7. “Tentu dengan kondisi yang masih Covid, kita masih menjaga Prokes Covid. Namun pada intinya, kita ingin mengajak para pelaku usaha untuk tetap giat berusaha meski dalam kondisi sulit,” katanya.

Ia pun berharap, mudah-mudahan tahun depan bisa membangun kembali perekonomian. “Acara hari ini ialah salah satu cara untuk memulainya. Pada penghujung tahun ini kami mencoba menggelar giat produk dari beberapa tenant yang sudah kita bina.”

“Tentu kita berharap dari kegiatan ini ada transaksi, ada komoditas yang disuka oleh masyarakat. Ujungnya produk ini setelah diolah bisa memunculkan value aded (nilai tambah).”

“Pesan saya, semangat untuk berusaha ini jangan sampai putus meski sekarang tengah pandemi. Karena makanan tetap dibutuhkan. Apalagi makan ikan itu banyak gunanya. Itulah kenapa produk ikan baik segar maupun olahan harus hadir dalam rumah tangga kita,” ungkapnya.

Hal yang sama juga diucapkan perwakilan Kementerian Kelautan dan Perikanan, Ibu Gilang.

Penyerahan sertifikat kompetensi kepada pelaku UKM.

“Kami harapkan UKM ini jangan putus asa dimasa pandemi, karena makanan ini tetap banyak dicari orang. Meski pandemi ini berpengaruh terhadap usaha kita,” imbuhnya.

Ia juga berterima kasih kepada Dinas Perikanan karena sudah memberikan kesempatan KKP untuk ikut serta dalam acara. “Kami kebetulan mengirimkan 4 UKM. Kami juga lihat tadi ada 20 tenant, dan bebrapa tenant ada yang menarik. Misalnya produk mangrove, mungkin kedepan bisa kita libatkan untuk ikut bazar di KKP,” kata Ibu Gilang.

Untuk diketahui, pada acara bazar ini dilakukan pula penyerahan sertifikat kompetensi pengolahan ikan kepada perwakilan UKM. (Ts)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*