Maulid Nabi, Momentum Meningkatkan Kualitas Akhlak

Tambun Selatan (Bintang Save) – Memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW menjadi agenda wajib bagi banyak kalangan di tanah air. Sebab dengan menapaki kembali jejak perjalanan hidup sang “Insan Utama” diyakini memberikan motivasi lebih kepada umat muslim dalam memperbaiki akhlak, menjalani kehidupan sehari-hari.

Kiranya, itulah yang menjadi pesan utama dari peringatan maulid Nabi Muhammad SAW yang diselenggarakan oleh warga Kp Buwekjaya Rawapisang, Desa Tridayasakti, Kecamatan Tambun Selatan, Minggu (15/11) malam. Nampak tokoh masyarakat dan sejumlah tamu undangan dari dalam dan luar desa menghadiri kegiatan tahunan ini.

“Mudah-mudahan, dengan kegiatan ini dapat menambah kecintaan serta ketakwaan kita kepada Allah SWT dan Rasul-nya. Amin ya Robbalalamin,” ucap Hj. Umi Yati dalam ceramahnya, seraya mengajak jamaah maulid untuk melantunkan solawat kepada Nabi Muhammad SAW. Untuk diketahui, Hj. Umi Yati merupkan istri dari ulama kharismatik yakni alm. Kyai Sofandi (Ceger).

Harapan yang sama dengan Hj. Umi Yati juga diungkapkan Kepala Desa Tridayasakti, Suwardi Wada. Ia mengharapkan melalui kegiatan maulid Nabi ini, kita dapat membenahi hati dan akhlak agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

“Sikap dan perilaku Nabi juga perlu kita teladani bersama, untuk dijadikan sebagai satu pedoman dalam menjalani kehidupan. Antara vertikal serta horizontal harus mampu dibangun secara berimbang, jangan sampai kita tersesat jauh,” ungkapnya.

Sementara itu, Mak Kucit selaku tuan rumah acara, berharap kegiatan tersebut dapat dijadikan momentum untuk lebih meningkatkan kualitas akhlak. Kegiatan ini juga, sekaligus sebagai sarana untuk mempererat silahturahmi dan menambah tali persaudaraan agar menjadi kuat.

“Dengan demikian, hubungan antar warga dapat bersinergi dan berimbang, bahu membahu serta tak ragu untuk saling tolong menolong,” ujarnya.

“Terima kasih┬ákepada Bapak dan Ibu sekalian yang telah hadir, semoga Allah SWT membalasi kebaikannya. Segala hajat (keinginan) Bapak dan Ibu sekalian dikabulkan oleh Allah SWT. Aamiin ya Robballamin,” tutup Mak Kucit.

Peringatan maulid Nabi Muhammad SAW sendiri untuk tahun ini jatuh pada hari Kamis, 29 Oktober 2020. Sedangkan dalam penanggalan Hijriyah, maulid Nabi diperingati setiap 12 Rabiul Awal. (Dodo)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*