Peringati Maulid, Dandim 0509 Ingatkan Pentingnya Toleransi

Bekasi (Bintang Save) – Kodim 0509/Kabupaten Bekasi menggelar peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW 2020, Kamis (5/11/2020) lalu, di aula Babinsa Makodim 0509/Kabupaten Bekasi. Berdasarkan laporan dari lokasi, acara berlangsung secara khidmad dengan tetap mematuhi Protokol Kesehatan Covid19.

Dalam kesempatan tersebut, Dandim 0509/Kabupaten Bekasi, Letkol Kav. Tofan Tri Anggoro menyampaikan tentang pentingnya memiliki sikap saling menghargai sebagai bentuk upaya meneladani akhlak Nabi Muhammad SAW. Kewilayahan Kodim 0509/Kabupaten Bekasi, kata dia, berada di lingkungan yang mayoritas penduduknya merupakan muslim. Sehingga, ketika hendak melaksanakan ibadah menjadi lebih mudah untuk dilakukan. Oleh karena itu ia meminta kepada jajarannya untuk bersyukur atas kondisi tersebut.

“Sebagai Anggota yang bertugas di tengah masyarakat dengan mayorirtas pemeluk Islam, maka sudah sepantasnya kita bersyukur, sebab menjalankan ibadahnya menjadi lebih mudah,” katanya.

Dirinya lantas membandingkan dengan kondisi saat ia bertugas di daerah yang sebagian besar masyarakatnya adalah mayoritas non muslim. “Untuk melaksanakan ibadah agak susah karena jumlah tempatnya (ibadah-red) kurang,” ungkapnya.

 

Berkenaan dengan itu, tak lupa, Dandim mengaitkannya dengan kejadian di Prancis terkait adanya pembuatan dan pembakaran karikatur Nabi Muhammad SAW. Menurutnya, peristiwa itu bisa terjadi dikarenakan kurangnya sikap toleransi antar umat beragama.

“Untuk itu saya berpesan kepada seluruh anggota agar dalam melaksanakan tugasnya tetap menjaga toleransi sesama umat beragama. Baik dengan rekan sesama anggota maupun masyarakat,” pesannya.

Ia melanjutkan, negara Indonesia masih menjunjung sikap toleransi. Baik toleransi antar sesama umat beragama, ras, suku maupun golongan.

“Mari jaga lingkungan sesuai tupoksi kita serta menjaga toleransi sesama,” pungkasnya.

Pada acara yang mengusung tema “Kita Tingkatkan Semangat Kepedulian Kepada Sesama di Tengah Pandemi Covid19”, ini nampak dalam pandangan para Perwira Staf, Danramil, Batuud, dan anggota perwakilan dari setiap Koramil hadir memenuhi undangan. Lain itu, hadir pula beberapa orang ASN pada jajaran Kodim 0509/Kabupaten Bekasi. (TS/Ane)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*