Peringatan Maulid 2020, Ingatkan Pemuda Jamie Al-Muhajirin Tentang Kemuliaan Akhlak Nabi

Tambun Selatan (Bintang Save) – Jamaah masjid Jamie Al-Muhajirin memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW, Sabtu (31/10), di Kp. Buwek Jaya, Rawa Pisang, Ds. Tridayasakti, Kec. Tambun Selatan.

Gelaran acara tersebut berlangsung berkat kolaborasi apik para remaja masjid yang tergabung dalam Ikatan Remaja Masjid Almuhajirin (Irmaja), ibu-ibu Badan Kontak Majelis Ta’lim (BKMT), Karang Taruna RW 02, perangkat Desa Tridayasakti, dan tokoh masyarakat setempat.

Peringatan maulid Nabi Muhammad SAW sendiri untuk tahun ini jatuh pada Kamis, 29 Oktober 2020. Dalam penanggalan Hijriyah, maulid Nabi diperingati setiap 12 Rabiul Awal. Maulid Nabi menjadi perayaan yang berkembang di tengah masyarakat setelah Nabi Muhammad SAW wafat.

Memperingati maulid Nabi semata-mata untuk mengenang warisan atau peranan Nabi Muhammad SAW semasa hidupnya. Namun ketika memperingati maulid, selain mengenang apa yang ditinggalkan Nabi yakni Al-Quran, Hadits, dan sunnah, akhlak juga menjadi yang utama.

“Karena itu Nabi pernah menyampaikan ‘Aku tidak lain diutus untuk menyempurnakan akhlak,” terang Ustad Damanhuri S.Ag., MM., dalam tausyiahnya.

Hal ini tentunya sejalan dengan tema acara pada malam hari itu, yakni “Menjadi Pemuda Berakhlak Mulia dengan Meneladani Akhlak Rosulullah”.

“Tema tersebut mengandung doa,” kata Ketua DKM Masjid Jamie Al -Muhajirin, Ustad Mesin.

Harapannya, lanjut Ustad Mesin, selain menumbuhkan cinta kepada Rasul, melalui acara ini para generasi muda di kampung tersebut dapat mengetahui keagungan akhlak Nabi Muhammad SAW dan mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

“Sehingga dengan mengikuti akhlak terpujinya (Nabi-red), yang sudah baikpun akan menjadi lebih baik lagi,” ungkapnya penuh penekanan. (Dodo)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*