Berjalan Lancar, Pembangunan Rutilahu di Desa Sukabudi Ditargetkan Rampung Akhir Oktober 2020

Sukawangi (Bintang Save) – Pelaksanaan program Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) di Desa Sukabudi, Kecamatan Sukawangi, berjalan lancar sejak dimulai pada Agustus 2020 lalu. Hal itu, diungkapkan oleh Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa Sukabudi, Udin.

“Alhamdulillah, dari 40 unit rumah sudah ada 28 rumah selesai 100% dan sisanya sekitar 70%-an. Ya, tinggal tahap finishing,” ucapnya, Senin (5/10/2020) sore.

Adapun ke-40 rumah tersebut, dijelaskan Udin, berada di Dusun I dengan 10 unit, Dusun II sebanyak 17 unit, dan Dusun III ada 13 unit.

Rumah warga setelah mendapat bantuan.

“Mudah-mudahan semuanya bisa selesai dibangun Oktober ini,” kata Udin.

Di tempat terpisah, Kepala Desa Sukabudi, Iimudin Suparna, mengakui pihaknya selalu memonitor proses pengerjaan Rutilahu di desanya.

“Kami hanya ingin berusaha maksimal dalam setiap program yang dikerjakan.”

“Khususnya program Rutilahu ini saya ucapkan terima kasih atas kerja keras semua pihak yang terlibat, terutama Ketua LPM Bang Udin, Bendahara LPM Pak Warso, Pelaksana Kerja/PK Pak Isan, dan seluruh anggota LPM Desa Sukabudi,” ujar pria yang karib disapa Lurah Pitung ini.

Mengenai monitoring yang selalu dilakukan oleh Pemerintah Desa Sukabudi ini dikonfirmasi Bendahara LPM, Warso. Kata dia, Kades Iim sangat memperhatikan proses demi proses pelaksanaan program Rutilahu.

Rumah warga sebelum dirombak untuk dibangun kembali.

“Hampir tiga hari sekali kami wajib memberi laporan. Dalam setiap rapat pun perkembangan pelaksanaan program ini pasti dibahas. Jadi beliau memang sangat detil dan perhatian terhadap pelaksanaan program Rutilahu ini,” ungkap dia.

Pemerintah Desa Sukabudi rupanya memang tidak mau main-main. Bahkan saat proses awal yakni survei lokasi banyak pihak yang dilibatkan. “Tidak hanya dari Pemdes Sukabudi, tetapi juga melibatkan pihak lain seperti konsultan dari Pemda Kabupaten Bekasi yakni Diana Purdianingsih,” timpal Udin.

Adanya program Rutilahu ini amat disyukuri oleh masyarakat penerima manfaat. Darna Hidayatulloh adalah salah satunya. Warga Dusun II, Kp. Bulak Temu RT 02/05, ini mengaku bersyukur karena dapat menempati rumah yang layak.

“Rumah kami sekarang lebih nyaman ditempati. Terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Bekasi, Pemerintah Desa Sukabudi, LPM Desa Sukabudi dan pihak terkait lain atas bantuan yang sudah diberikan,” ucap Darna penuh haru.

Ia berharap, mudah-mudahan, kedepannya lebih banyak lagi warga yang dapat merasakan bantuan.

Sebagai informasi tambahan, terkait pelaksanaan program Rutilahu ini, Pemkab Bekasi pada tahun 2020 telah menargetkan pembangunan total sebanyak 2.000 unit rumah tidak layak huni dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). (Dodo/Ccp)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*