Dinas Pariwisata Terus Berupaya Bangkitkan Kepariwisataan Kab. Bekasi di Era Adaptasi Kebiasaan Baru

Bojongmangu (Bintang Save) – Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Bekasi menggelar kegiatan pertunjukan wayang golek di objek wisata Situ Abidin, Desa Karang Mulya, Kecamatan Bojongmangu, Minggu (30/8) pagi.

Hadir dalam acara tersebut, Sekretaris Dinas Pariwisata Mumuh Mulyana, Kepala Gugus Tugas COVID-19 Tingkat Kecamatan Bojongmangu, Kapolsek Cibarusah AKP Sukarman, SH., Danramil 09 Cibarusah Kapten Arh.Yoedinarto, mewakili Camat Bojongmangu Didi Sunardi, Kades Karangmulya Jaka Suteja, dan anggota DPRD Kabupaten Bekasi H. Danto.SE.

Kabid Pemasaran dan Promosi, Ibu Tri.
Kabid Pemasaran dan Promosi, Ibu Tri.

Kepala Bidang Pemasaran dan Promosi Dinas Pariwisata, Ir. Tri Tjahjani Soelistijowati, mengungkapkan tiga alasan diselenggarakannya kegiatan pentas seni wayang golek dengan dalang Ki Rahmatulloh Muktar (Komara Tumaritis). Pertama, adalah dalam rangka memperingati Hari Besar Islam, yakni 1 Muharram 1442 H. Kedua, melestarikan seni kebudayaan wayang.

“Terakhir, diharapkan melalui kegiatan ini dapat menggeliatkan kembali denyut sektor pariwisata pada masa-masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di Kabupaten Bekasi,” ucapnya kepada Bintang Save di sela-sela acara.

Kepariwisataan di Kabupaten Bekasi, kata Tri, perlu mendapat suntikan motivasi pada masa sulit seperti sekarang.

“Sektor pariwisata ini termasuk yang paling terdampak COVID-19. Sedangkan cukup banyak yang ekonomi keluarganya bergantung dari tempat-tempat wisata. Mulai pedagang kecil sampai pelaku seni,” ungkap Tri seraya menjelaskan rencana untuk menggelar kegiatan serupa secara rutin, setidaknya dua kali dalam satu tahun, guna membangkitkan pariwisata di Kabupaten Bekasi.

Kadis Pariwisata, H. Encep S. Jaya.
Kadis Pariwisata, H. Encep S. Jaya.

Oleh karena itu, mengutip sambutan Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Bekasi, Drs. H. Encep S. Jaya, M.Si., bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi telah dan akan terus berupaya keras memulihkan kembali dunia kepariwisataan di Kabupaten Bekasi. Salah satunya melalui gelar pentas seni di lokasi wisata seperti Situ Abidin.

“Tentunya dengan tetap memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, termasuk di lokasi-lokasi wisata,” terang Encep penuh penekanan.

Gugus Tugas Covid-19 Kec. Bojongmangu tengah memberikan pemaparan tentang kepatuhan terhadap protokol kesehatan.

Kedepan, ia berharap agar wabah yang bermula teridentifikasi di Wuhan, China, ini bisa segera berakhir. “Terakhir, semoga dengan kegiatan-kegiatan promosi yang dilakukan dapat lebih meningkatkan minat kunjungan wisatawan pada masa mendatang, dan tentunya membuat Kabupaten Bekasi dua kali tambah baik,” tutupnya.

Berdasarkan pantauan Bintang Save di lokasi, acara dilaksanakan secara minimalis dengan tidak melibatkan banyak orang, serta tetap memperhatikan protokol kesehatan (Prokes) COVID-19, seperti jaga jarak, penggunaan masker, hingga penyediaan spot-spot untuk cuci tangan. Tak hanya itu, panitia juga melakukan pengecekan suhu tubuh kepada seluruh peserta dan orang yang terlibat dalam acara.

Kapolsek Cibarusah, AKP Sukarman, SH., memastikan pegelaran wayang golek yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata ini tetap mengedepankan protokol kesehatan. “Untuk itu pihak Kepolisian bersama TNI dan Muspika di Bojongmangu hadir sekaligus melakukan monitoring protokol kesehatan,” kata AKP Sukarman.

Menurut AKP Sukarman, sejauh pengamatannya panitia acara masih memperhatikan penerapan Prokes. “Penerapan prinsip hidup sehat bersih dan jaga jarak harus terus dilakukan masif dan tanpa henti di manapun pada masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) ini,” tegasnya mengingatkan.

Perihal ini ditegaskan pula oleh Septi, perwakilan dari event organizer acara. “Kami selaku panitia sudah sejak jauh-jauh hari menjalin komunikasi serta koordinasi secara intens dengan banyak pihak, seperti Dinas Kesehatan, kapolsek, tim gugus tugas, dan lain-lain. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa acara ini tak melanggar aturan sehingga dapat digelar,” imbuh Septi. ADV/ts)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*