Penyaluran BLT di Desa Tridayasakti, Suwardi Meminta RT/RW Teliti Mendata Warga

Tambun Selatan (Bintang Save) – Kepala Desa Tridayasakti Suwardi, S.E., menyaksikan prosesi penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang dananya bersumber dari Dana Desa untuk Tahun Anggaran 2020 oleh Bank BJB, KamisĀ (11/6), di Gedung Serba Guna kantor Desa Tridayasakti.

Dalam kesempatan tersebut, Wardi mengingatkan kepada seluruh perangkat Desa, RT, RW, hingga Kadus untuk selalu teliti dan mencermati pendataan agar tak ada data ganda penerima manfaat.

“Jangan sampai ada tumpang tindih data warga dalam mendapatkan bantuan baik dari pemerintah pusat, provinsi maupun Pemda Kabupaten Bekasi. Tujuannya jelas, agar adanya pemerataan bagi warga dalam mendapatkan bantuan,” ujarnya.

Sementara untuk kegiatan penyaluran BLT kemarin, dijelaskan Wardi, telah disalurkan bantuan kepada 282 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Jumlah itu terbagi dari 3 Kadus, yakni Kadus 1 sebanyak 91 KK, Kadus 2 ada 125 KK dan Kadus 3 mencapai 66 KK.

Pembagian BLT diberikan langsung oleh pihak Bank BJB dengan kisaran nilai sebesar Rp600 ribu per KK. Nampak turut menyaksikan pendamping desa, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, perangkat desa dan BPD.

Untuk mendapatkan BLT, kata Wardi, warga tinggal membawa persyaratan antara lain KTP dan KK. “Jika tidak bisa hadir dapat diwakilkan dengan membawa surat kuasa. Tujuannya untuk mempermudah dalam mendapatkan serta pengambilan uang tunai yang diberikan,” ungkap dia.

 

“Adapun untuk penerima BLT ini, kriteria utamanya adalah lansia dan yang sakit menahun. Hal itu lah yang menjadi skala prioritas kami, dengan tujuan untuk meringankan beban hidupĀ  mereka utamanya yang terdampak COVID-19,” terang Wardi.

Terakhir, Wardi berpesan kepada para penerima manfaat agar dapat mempergunakan uang tersebut dengan baik dan benar. “Jumlahnya memang tidak terlampau besar, namun akan lebih bermanfaat apabila dipergunakan untuk usaha kecil- kecilan,” pungkasnya. (Dodo)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*