Laksanakan Kegiatan Padat Karya Tunai, Pemdes Sukaasih Berdayakan Warga untuk Bebersih Lingkungan

Sukatani (Bintang Save) – Pemerintah Desa Sukaasih melaksanakan program Padat Karya Tunai, Sabtu (30/5) pagi. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari itu melibatkan warga dari tiga dusun.

Kepala Desa Sukaasih, Nadih, menerangkan bahwa skema Padat Karya Tunai ini masuk dalam pelaksanaan Dana Desa. Skema ini kata dia, diharapkan dapat menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar, dengan memberikan honorarium (upah) langsung tunai kepada tenaga kerja yang terlibat, baik secara harian maupun mingguan.

“Sehingga, dapat memperkuat daya beli masyarakat, meningkatkan pertumbuhan ekonomi, dan kesejahteraan masyarakat,” ucapnya.

Adapun waktu pelaksaan kegiatan untuk di Deaa Sukaasih, yakni mulai Sabtu (30/5) di wilayah Kadus 1, dan Minggu (31/5) di wilayah Kadus 2 dan Kadus 3. Para warga yang mengikuti kegiatan padat karya tersebut dibekali dengan peralatan, seperti masker, seragam, dan lain-lain.

“Selain membersihkan drainase, sampah di selokan, serta memotong rumput, kegiatan juga meliputi bebersih jalan hingga halaman mushola dan sekolah SD,” jelas Nadih.

Untuk diketahui, Padat Karya Tunai (Cash for work) sendiri merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat desa khususnya yang miskin dan marginal. Kegiatan yang dilakukan bersifat produktif dengan mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan teknologi lokal untuk memberikan tambahan upah/ pendapatan, meningkatkan daya beli, mengurangi kemiskinan, dan sekaligus mendukung penurunan angka stunting. (Dodo)

Kegiatan bersih-bersih lingkungan ini melibatkan warga.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*