Normalisasi Saluran Air dan Bebersih Lingkungan, Pemdes Tridayasakti Libatkan 1.000 Warga

Kepala Desa Tridayasakti Suwardi Wada, S.E., berfoto bersama warga.

Tambun Selatan (Bintang Save) – Pemdes Tridayasakti mengikut sertakan warganya sebanyak 1.000 orang dalam program kerja Padat Karya Tunai, Minggu (31/5) pagi.

Adapun kegiatan yang didanai oleh Anggaran Dana Desa tahun 2020 itu meliputi normalisasi saluran air hingga membersihkan lingkungan sekitar.

“Ke-1.000 orang itu merupakan warga di wilayah Kadus 1, sebanyak 400 orang, Kadus 2 berjumlah 350 orang dan Kadus 3 mencapai 250 orang,” demikian Kepala Desa Tridayasakti Suwardi Wada, S.E., saat diwawancarai Bintang Save di sela-sela kegiatan.

staf desa Tridayasakti Endang, Kadus 3 Aripin, Ketua RW 03 Gunardi dan Ketua RT 03, Karta.

Bagi warga yang telah diberdayakan untuk mengikuti Padat Karya Tunai ini, lanjutnya, diminta melengkapi sejumlah persyaratan seperti foto copy kartu keluarga (KK) dan kartu tanda penduduk (KTP).

“Tujuannya jelas, agar tertib adminitrasi dalam hal pendataan untuk selanjutnya dievaluasi. Sehingga, kegiatan ini akan benar-benar terasa manfaatnya terutama dimasa pandemi seperti sekarang,” jelas Suwardi.

Dijelaskan Suwardi, dalam kegiatan pagi hari itu, Pemdes Tridayasakti membekali warga dengan sejumlah peralatan, yakni 17 unit troli, 34 cangkul, 34 garpu, dan 85 pengki pelastik.

“Tak lupa, masing-masing warga yang turutserta kami berikan masker. Jadi protokol kesehatan tetap harus diperhatikan,” ucapnya.

Tekait masalah pandemi COVID-19, dirinya mengimbau kepada segenap warganya untuk tetap waspada.

“Walaupun Kabupaten Bekasi telah berada di zona kuning kewaspadaan tetap perlu. Selalu ikuti anjuran dan larangan dari pemerintah, tetap jaga jarak, hindari diri dari keramaian, selalu cuci tangan, dan memakai masker,” pesannya.

Di lain pihak, staf desa Tridayasakti Endang, Kadus 3 Aripin, Ketua RW 03 Gunardi dan Ketua RT 03 Karta, menjelaskan mekanisme pekerjaannya dimulai dari membersihkan gorong-gorong yang tersumbat, sampah, memotong rumput, normalisasi saluran air, hingga menebang pohon yang menjorok ke arah ke jalan.

“Dengan begitu, lingkungan akan tampak rapih nan bersih,” imbuh Karta.

“Pekerjaan ini tidak akan maksimal tanpa kontribusi dari warga,” ungkap Gunardi.

Peran warga tersebut, merupakan bentuk kekompakan dan tanggungjawab warga terhadap lingkungannya sendiri.

“Selain itu, kegiatan hari ini juga menjadi bukti kuatnya rasa persaudaraan kita warga Tridayasakti. Sehingga, inisiasi program Padat Karya Tunai yang dilaksanakan oleh Pak Kades ini dapat terlaksana sesuai harapan,” timpal Aripin. (Dodo)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*