KKP dan Diskanlut Kab. Bekasi Serahkan 500 Paket Sembako Kepada Nelayan di Muara Gembong

Muara Gembong (Bintang Save) – Kementerian Kelautan dan Perikanan menyerahkan bantuan sebanyak 2.000 paket sembako dan masker untuk nelayan terdampak Covid- 19 di 4 lokasi, yaitu Cilincing, Muara Kamal, Karangantu dan Muara Gembong, Senin (27/4). Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Sekretaris Ditjen Perikanan Tangkap, Yuliadi dan Kepala PPS Nizam Zachman, kepada nelayan Cilincing, di Jakarta.

Menurut Yuliadi, bantuan untuk nelayan ini diberikan dalam rangka membantu keperluan sehari- sehari yang dibutuhkan nelayan, yaitu berupa beras, gula, mie instan dan minyak goreng. Penyerahan bantuan ini merupakan aksi bakti sosial dalam rangkaian bulan bakti peduli nelayan.

“Kegiatan ini merupakan instruksi Menteri Kelautan dan Perikanan sebagai salah satu upaya untuk nelayan di tengah pandemi Covid-19. Kami terus berharap agar para nelayan dan keluarganya senantiasa sehat dan dapat melakukan aktivitas penangkapan ikan di laut,” ujarnya.

Yuliadi juga berpesan kepada nelayan agar tidak melakukan mudik ke kampung halaman. Selain dengan tetap menerapkan protokol pencegahan Covid- 19 di kawasan pelabuhan perikanan, misalnya dengan physical distancing dan rutin mencuci tangan.

Di lain pihak, Kasi Pngelolaan Sumberdaya Ikan Kabupaten Bekasi, H. Zaenal Arifin, A.Pi, M.Si., mengatakan bahwa kegiatan bakti nelayan ini telah dilakukan di pelabuhan perikanan Unit Pelaksana Teknis (UPT) lingkup Ditjen  Perikanan Tangkap. Tidak hanya bakti sosial saja, kata dia, namun juga bakti sehat dan bakti usaha nelayan.

Bakti sehat yaitu berupa pemeriksaan kesehatan nelayan, pengecekan suhu tubuh,  distribusi vitamin, distribusi masker, penyediaan hand sanitizer dan fasilitas cuci tangan. “Sementara bakti usaha nelayan berupa akselerasi surat dan administrasi usaha perikanan tangkap serta fasilitasi permodalan usaha. Berita ini dikutip dari sumber Humas DJPT,” urainya.

Secara terpisah, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan (DPK) Kabupaten Bekasi Ir. H. Agus Trihono, MP., mengaku senang dan bangga atas dana donasi dari para pengusaha dan donatur yang terkumpul di kementeriaan dapat tersalurkan secara langsung kepada para nelayan. Adapun jumlahnya mencapai 500 paket sembako.

“500 paket ini dibagikan kedua desa di antaranya Desa Pantai Setia Mekar dan Desa Pantai Sederhana, di Kecamatan Muara Gembong, dengan masing-masing desa mendapat sebanyak 250 paket bantuan yang diperoleh para nelayan kita. Selain paket sembako, nelayan juga diberikan masker gratis hingga 1.200 pcs,” ungkapnya, Senin (4/5).

Bantuan tersebut, menurut Agus, akan sangat membantu nelayan. Pasalnya, dampak COVID-19 telah menghambat dan mengganggu rutinitas melaut para nelayan binaan Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Bekasi, sehingga berdampak kepada pendapatan.

“Perekonomian mereka menurun drastis, terlebih lagi setelah penerapan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) di Kabupaten Bekasi,” imbuhnya.

Penerapan PSBB sendiri, dijelaskan Agus, bertujuan dalam upaya penghambatan penyebaran COVID-19. Selama pemberlakuan PSBB itu lah Dinas Perikanan dan Kelautan besersama Kementerian Kelautan dan Perikanan memberikan bantuan berupa mesin pengelola sampah untuk didaur ulang.

“Jadi sampah plastik yang mencemari air laut diambil. Kemudian didaur ulang. Dari aktivitas itu para nelayan bisa memperoleh pendapatan tambahan,” terangnya.

Lain daripada itu, DPK juga mengusulkan untuk adanya pengadaan bantuan alat pendingin ikan hasil tangkapan nelayan. Dengan alat itu ikan-ikan bisa bertahan lebih lama.

“Semua usulan yang kami sampaiakan dalam kunjungan kementerian ke Muara Gembong mendapat respon yang bagus. Berangkat dari itu, terselip harapan agar para nelayan nantinya bisa memenuhi kebutuhan permintaan pemerintah dalam mencukupi kebutuhan lauk yang selanjutnya akan disalurkan kepada masyarakat,” pungkasnya. (ts)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*