Lawan Covid-19, Komunitas Esa Asa Kita Kordes Mangunjaya Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Tambun Selatan (Bintang Save) – Covid-19 yang dibanyak wilayah di Indonesia, khususnya di Kabupaten Bekasi, cukup membuat resah masyarakat. Apalagi, Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Kabupatem Bekasi merilis laporan yang menggambarkan jumlah warga terdampak Corona terus meningkat jumlahnya.

Berdasarkan data Pikokabsi, pasien positif Covid-19 di Kabupaten Bekasi saat ini berjumlah 15 orang. Dari angka itu, 11 orang tengah menjalani perawatan, 1 orang sembuh dan 5 meninggal. Sementara Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 56 orang dan Orang Dalam Pemantauan (ODP) mencapai 112 orang.

Ketimpangan jumlah pasien antara yang sembuh dan meninggal ini merupakan peringatan untuk semua pihak, bukan hanya pemerintah. Maka selain kebijalan publik yang baik, diperlukan kesadaran dari masing-masing individu untuk setidaknya melakukan isolasi mandiri dan upaya lainnya sebagai bentuk penguatan ketahanan di tengah masyarakat.

Peran ini lah yang menjadi ikhtiar para pegiat komunitas Esa Asa Kita di Tambun Selatan melalui Kordes Esa Asa Kita di Desa Mangunjaya yang melaksanakan kegiatan penyemprotan disinfektan pada Senin, 23 Maret 2020, lalu.

Dalam pelaksanaannya, tim yang diketuai oleh Barok ini bekerjasama dengan para pengurus RT 01, 02, 03 dan 04 -RW 029 di Perumahan Griya Syariah dan Sakinah. “Upaya ini dilakukan atas dasar kepedulian kepada sesama agar masyarakat dapat terhindar dari paparan virus corona,” ucapnya.

“Apa yang kami lakukan ini murni kemanusiaan. Tidak ada unsur biaya dari siapapun. Alhamdulillah, masyarakat menyambut baik,” kata Barok.

Selanjutnya, ia menekankan tentang pentingnya warga untuk menjaga kesehatan masing-masing dengan pola hidup bersih. “Sebab sebesar apapun upaya yang kami lakukan ini tidak akan ada artinya kalau masyarakatnya sendiri masih abai terhadap kesehatan dirinya. Kemudian, ikutilah segala imbauan dari pemerintah.”

“Mudah-mudahan badai wabah Corona ini segera berlalu dan kita bisa beraktivitas seperti biasa,” pungkas Barok penuh harap. (Dodo)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*