HUT BUMDes Desa Sumberjaya Berlangsung Semarak, Komunitas Esa Asa Kita Turut Ambil Bagian

Tambun Selatan (Bintang Save) – BUMDes Agraprana Sumberjaya merupakan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sumberjaya yang didirikan pada tanggal 14 Maret 2019 lalu. Tepat tanggal 14 Maret 2020, maka usia BUMDes Agraprana menginjak tahun pertamanya berkiprah memberikan kontribusi bagi laju ekonomi masyarakat dan pemerintahab desa. BUMDes Agraprana ini dikomandoi langsung oleh Kades Matam yang menjabat sebagai ketua. Kemudian posisi Direktur diemban Sarjan, Sekjen Sufriady, dan Saifulloh sebagai bendaharanya.

Kiprah BUMDes Agraprana mendapat apresiasi banyak pihak, salah satunya dari Komunitas Esa Asa Kita. Bahkan dikabarkan, Ketua Komunitas Esa Asa Kita Korcam Tambun Selatan, H. Aboy, mewujudkan bentuk dukungannya dengan mengerahkan semua Kordes se-Kecamatan Tambun Selatan, Panglima, Benteng Esa Asa Kita dan Srikandi, untuk turut memeriahkan serta mensuseskan jalannya HUT BUMDes Agraprana yang pertama.

“Hal ini terlebih karena salah satu pengurus BUMDes merupakan bagian dari keluarga besar Esa Asa Kita yakni Sufriady atau karib disapa Boy, yang adalah Ketua Kordes Sumberjaya,” kata H. Aboy.

H. Aboy salut dan bangga kepada BUMDes di Sumberjaya yang telah setahun menjalankan serta mengelola usaha BUMDes-nya Agraprana sehingga maju pesat, baik dari segi pengelolaan maupun pemasarannya.

“Unit usaha BUNDes ini luar biasa memiliki daya saing. Tak kalah dengan swalayan atau minimarket yang ada. Pada akhirnya masyarakat dapat merasakan langsung manfaatnya. Mudah-mudahan BUMDes Agraprana dapat menjadi contoh baik bagi BUMDes di desa lain,” ucap H. Aboy.

Sekretaris BUMDes Agraprana, Sufriady, mengatakan bahwa kegiatan HUT BUMDes Agraprana yang pertama ini bertujuan untuk pembangunan usaha ekonomi berbasis kerakyatan dengan menciptakan peluang kerja dan memperkenalkan serta memasarkan produk-produk UMKM. “Kami juga ingin lebih memperkenalkan kesenian di Desa Sumberjaya agar terciptanya SDM yang lebih unggul dan agamais menuju Desa Sumberjaya menjadi smart village,” ungkapnya.

Berdasarkan informasi dari Sufriady, adapun kegiatan HUT ini diadakan selama tiga hari berturut-turut mulai dari Jumat – Minggu. Ada banyak kegiatan, mulai dari lomba mewarnai tingkat PAUD, TK dan SD. Kemudian ada kegiatan mancing mania se-Desa Sumberjaya. Dan tentunya hiburan dari artis lokal.

Tim Penggerak PKK Pokja 2 yang diketuai Ibu Lurah juga tak kalah ambil bagian. “Termasuk elemen pengusaha lokal PT Cariu, yang bergerak di bidang jasa penyewaan tenda dan pelaminan didukung oleh perusahaan MM Bike, serta sponsor-sponsor lainnya.”

Pada hari terakhir, kata Boy, kegiatan dimulai dengan senam sehat bersama. Menariknya, selepas senam, para peserta bisa makan bubur ayam gratis. Acara lalu beranjak pada pagelaran seni dan budaya yaitu silat ujungan dan tarian tradisional.

“Tidak lupa, ada pula santunan anak yatim dan dhuafa sebanyak 40 orang,” terang Boy.

Acara perayaan 1 tahun berdirinya BUMDes Agraprana berlangsung semarak. Hingga malam pada hari terakhir pun masyarakat masih dihibur oleh berbagai kegiatan. Sekadar informasi, dalam acara yang didukung penuh oleh Kades Matam beserta jajarannya dan BPD Sumberjaya ini, nampak hadir Bimaspol, Bhabinsa, Pokdar, LPM, PSM,Tim Penggerak PKK, Karang Taruna, dan tokoh masyarakat se-Desa Sumberjaya, Komunitas Esa Asa Kita Korcam Tambun Selatan. (Dodo)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*