SMKN 1 Cikarang Barat Gelar Uji Sertifikasi Kompetensi Bersama LSP

Cikarang Barat (Bintang Save) – Uji Sertifikasi Kompetensi siswa merupakan penilaian (asessment) khusus untuk mengukur tingkat kompetensi yang di miliki siswa selama mengikuti proses pembelajaran di suatu Lembaga Pendidikan. Hasil dari Uji Sertifikasi Kompetensi bisa menjadi tolak ukur ketercapaian kelulusan pada satuan pendidikan, sedangkan bagi siswa sendiri menjadi indikator kompetensi yang dia miliki untuk bersaing dalam memasuki Dunia Industri.

Ada hal yang baru dan berbeda pada pelaksanaan Uji Kompetensi Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Cikarang Barat tahun 2020 ini karena sekolah sudah memiliki Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak Pertama (LSP – P1) yang terlisensi oleh BNSP.

Uji Sertifikasi Kompetensi LSP untuk siswa kelas 12 TKRO di selenggarakan mulai tanggal 09 Maret sampai 14 Maret 2020, dimana dalam Proses pelaksanaan Ujian mengikuti standar yang telah di tetapkan oleh BNSP. Skema Sertifikasi yang di pakai menggunakan KKNI Level II Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan, dimana setiap peserta harus mampu menyelesaikan 40 unit kompetensi yang dikemas dalam 7 Kluster.

Untuk Materi Uji Kompetensi (MUK) di buat dan di kembangkan oleh Asesor LSP. Bagi siswa peserta ujian (asesi) yang direkomendasikan Kompeten oleh Asesor nantinya akan mendapatkan Sertifikat berlogo Burung Garuda dari Badan Nasional Standar Profesi (BNSP) melalui LSP.

Agus Suratno selaku Ketua Kompetensi Keahlian TKRO SMKN 1 Cikarang Barat sekaligus Ketua Bidang Sertifikasi, berharap paling tidak ada 30 persen siswa yang berhasil memilikinya.

Selama pelaksanaan proses Uji Sertifikasi Kompetensi di dampingi oleh instansi/industri pasangan yang telah bekerja sama dengan SMKN 1 Cikarang Barat salah satunya dengan PT. Mitsubishi Motor dalam hal ini Dealer terdekat yaitu PT. Sun Star Motor Jababeka untuk memantau pelaksanaan ujian.

Miftahul Huda salah seorang peserta dari kelas 12 TKRO-C yang juga Juara 2 Lomba LKS tingkat Kab. Bekasi saat di temui mengungkapkan dirinya merasa deg-degan karena ujiannya model baru.

Sedangkan menurut Bapak Dicky Kurniawan selaku Instruktur dari KRTC (PT. Sun Star Motor) saat meninjau Pelaksanaan Uji Sertifikasi Kompetensi di SMKN 1 Cikarang Barat pada tanggal 09 Maret 2020, mengatakan Bahwa pelaksanaan ujian dan sarana yang tersedia sudah cukup bagus. Dan beliau juga berharap nantinya Lulusan SMKN 1 Cikarang Barat ini banyak yang berminat untuk bergabung menjadi Mekanik/Teknisi di jaringan Bengkel resmi Mistubishi karena SMKN 1 Cikarang Barat termasuk salah satu sekolah Mitsubishi School Program (MSP). (ts)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*