Bupati Dorong Dunia Usaha Berdayakan UMKM

Cikarang Utara (Bintang Save) – Bupati Bekasi, H. Eka Supria Atmaja, SH., meminta dunia usaha untuk turut serta membangun Kabupaten Bekasi, salah satu upayanya adalah dengan melakukan pembinaan terhadap para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Bekasi.

Eka menyebut, hal itu lantaran banyaknya permasalahan yang dihadapi Pemerintah Kabupaten Bekasi di berbagai sektor, seperti di sektor pendidikan, kesehatan, sosial dan keagamaan, infrastruktur, lingkungan hidup, dan ekonomi yang belum terselesaikan secara optimal, sehingga menghambat laju pertumbuhan UMKM.

“Saya mengajak seluruh pengusaha untuk mengambil peran masing-masing dalam membangun Kabupaten Bekasi, khusus kepada PT Indomarco Prismatama (Indomart) saya ucapkan terima kasih karena telah membantu memberikan pembinaan untuk pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Bekasi,” ucapnya pada acara seminar UMKM dan Pemberian Bantuan CSR bagi para Pelaku UMKM yang dilaksanakan di Gedung Theater Graha Pariwisata-Cikarang Timur, Kamis (3/10).

Dalam kesempatan yang sama, Plt. Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kabupaten Bekasi, Ir. H. Agus Trihono, MP., mengungkapkan pentingnya kehadiran UMKM sehingga Pemerintah Kabupaten Bekasi sendiri terus berupaya melakukan berbagai program guna mengembangkan sektor ini.

Karenanya, ia menekankan supaya para pelaku UMKM terus berinovasi agar usahanya bisa semakin berkembang dan pada akhirnya dapat berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Bekasi.

“Pelaksanaan CSR ini diharapkan bisa memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap peningkatan kualitas pelaku UMKM, khususnya di Kabupaten Bekasi. Sehingga kedepannya UMKM di Kabupaten Bekasi semakin baik dan maju,” ujarnya.

Membuka Peluang

Pimpinan Cabang Indomarco Bekasi, Irwan Zebua, mengatakan bakal terus membuka peluang bagi pelaku UMKM yang ada untuk memasarkan produknya di gerai-gerai Indomart.

Saat ini saja, ungkap Irwan, Indomaret telah bekerja sama dengan pelaku UMKM sebanyak 312 UMKM di Kabupaten Bekasi. “Kami berharap agar semakin banyak (UMKM) yang bekerja sama dengan kami khususnya di kabupaten bekasi,” kata Irwan.

Oleh karena itu, jelas Irwan, dalam kegiatan ini dilangsungkan pula seminar bagi UMKM. “Tujuannya, yakni memberikan masukan kepada UMKM, kita memberikan pembekalan mengenai kondisi perkembangan UMKM supaya bisa lebih inovatif. Lebih kreatif. Sehingga, usaha yang sudah dikelola bisa semakin baik dan maju lagi,” imbuhnya.

Tak hanya itu, dalam seminar ini juga UMKM akan diberikan pemahaman tentang bagaimna bisa menjadi pemasok di minimarket seperti Indomart.

“Semoga kegiatan seminar dan CSR ini dapat membantu UMKM dan mendukung program pemberdayaan pelaku UMKM pemerintah,” tutupnya.

Sekadar informasi, kegiatan seminar dan CSR merupakan acara ke-7 se-Indonesia dan pertama di Kabupaten Bekasi yang diadakan Indomart. Adapun rangkaian kegiatan lainnya pada acara pagi hari itu, yakni penyerahan bantuan 9 gerobak untuk UMKM, penandatanganan deklarasi bersama program CSR PT. Indomarco Prismatama (Indomaret) dan pembagian doorprize 3 unit gerobak. (TS)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*