PRKB 2019 Resmi Ditutup: Nilai Transaksinya Diperkirakan Mencapai Rp5 Miliar

Cikarang Utara (Bintang Save) – Perhelatan Pekan Raya Kabupaten Bekasi (PRKB) 2019 resmi ditutup oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bekasi, Drs. H. Uju, M.Si., di Komplek Stadion Wibawa Mukti, Cikarang Utara, Minggu (29/9) sore.

Pelaksanaan PRKB tahun ini dianggap lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Hal itu tercermin dari nilai transaksi perdagangan dalam pameran selama 10 hari pelaksanaan atau sejak tanggal 20-29 September 2019, yakni sebesar Rp5 miliar lebih.

“Angka itu ebih tinggi dari capaian tahun 2018 lalu yang hanya mencapai Rp3 miliar,” ungkap Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Entah Ismanto, dalam laporannya selaki Ketua Panitia Acara.

Kenaikan tersebut, kata dia, menggambarkan meningkatnya jumlah pengunjung pameran. Selain itu, pada PRKB tahun ini pun jumlah pesertanya melonjak hingga 394 peserta, dengan 249 stand di antaranya diisi oleh multi produk swasta, industri fesyen, kuliner dan lain-lain. Bandingkan dengan jumlah peserta tahun sebelumnya yang hanya berkisar 150an stand.

Berkaitan dengan kenaikan nilai transaksi ini, Sekda Kabupaten Bekasi, Drs. H. Uju, M.Si., berharap agar kegiatan PRKB bisa menghadirkan manfaat yang besar untuk masyarakat Kabupaten Bekasi, dan menjadi stimulus bagi para stakeholder terkait khususnya pelaku ekonomi kreatif serta usaha mikiro, kecil dan menengah supaya terus mengembangkan produknya menjadi lebih baik.

“Karena itu saya berpesan kepada para kepala perangkat daerah agar terus melakukan pembinaan dan monitoring terhadap pelaku UMKM yang ada di bidangnya masing-masing. Diharapkan di masa depan para UMKM ini bisa tampil lebih baik,” ucap Sekda.

Acara penutupan PRKB ini dihadiri juga oleh Asda II, para Kepala OPD, Camat se-Kabupaten Bekasi, tokoh masyarakat, Plt. Ketua DPRD Kabupaten Bekasi, Dekranasda, dan Lurah Sertajaya. Nampak sebelum acara, para tetamu undangan disuguhi berbagai atraksi, seperti pencak silat hingga tari-tarian.

Selain itu, momen acara penutupan itu juga diselingi pembagian piala untuk para peserta pameran. Berikut adalah pemenang penghargaan dari semua kategori:

Kategori Stand SKPD Terbaik:

Dinas Pendidikan, Diskominfo dan Sekertaris Daerah.

Kategori Stand Kecamatan Terbaik:

Cikarang Timur, Kedungwaringin dan Tambun Selatan.

Kategori Stand Produk Unggulan SKPD Terbaik:

Dinas Pertanian,Dinas Perikanan dan Kelautan dan Dinas Ketahan Pangan.

Kategoti Stand Produk Unggulan Terbaik Kecamatan:

Kecamatan Cibitung, Karangbahagia dan Cikarang Barat.

Kategori Stand UMKM SKPD terbaik:

Dinas Perdagangan, Dinas Perindustian dan Dinas Koperasi dan UMKM.

Kategori Stand Pelayanan Terbaik:

Disdukcapil, Dinas Kesehatan dan BJB.

Kategori Stand SKPD Terfavorit:

Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah.

Kategori Stand SKPD terkreatif:

Disbudpora, Bappeda dan Dinas Pendapatan Daerah.

(TS/Ccp)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*