Cara Baru Meriahkan 1 Muharam Ala DKM Jamie Al-Muhajirin

Tambun Selatan (Bintang Save) – Ribuan masyarakat Kp. Rawa Pisang tumpah ruah turun ke jalan dalam rangka memeriahkan tahun baru Islam 1 Muharam 1441 Hijriah. Nampak raut wajah masyarakat begitu gembira dan antusias.

Ketua Dewan Kemakmuran Mesjid (DKM) Jamie Al muhajirin, Ustadz Mesin, mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan agenda rutin yang sudah dilaksanakan saban tahun. “Ini merupakan momentum terbaik bagi umat Muslim, sebab banyak terdapat nilai-nilai pembelajaran serta hikmah di dalamnya,” ucap dia.

Adapun acara parade pada tahun ini, kata dia, dibuat berbeda dan lebih meriah dari tahun-tahun sebelumnya. “Karena untuk acara tahun ini Alhamdulillah banyak campur tangan –bukan saja dari DKM Masjid Jamie Al muhajirin– tetapi dibantu juga oleh Ikatan Remaja Masjid Al Muhajirin (IRMAJA) yang diketuai oleh Irman, Badan Kontak Majelis Ta’lim (BKMT) pimpinan Ustadzah Maryati, serta Karang Taruna dikomandoi Narto,” ungkap Mesin.

Dengan banyaknya kontribusi dari berbagai element, sebut Mesin, ide- ide baru nan segar dapat dieksekusi dengan baik. “Yang biasanya kami pakai obor dari bambu, kini kami memakai lampu elektrik sebanyak 750 buah. Lampu itu kita bagikan kepada masyarakat Kp. Rawa Pisang. Alhamdulillah, hasilnya di luar ekspektasi, animo masyarakat begitu besarnya hingga ribuan orang turun ke jalan,” ucap Mesin.

Dia pun berterimakasih kepada segenap masyarakat Kp. Rawa Pisang yang telah berpartisipasi mengikuti pawai lampu elektrik ini hingga selesai. “Semoga kegiatan ini dapat diteruskan oleh generasi anak-anak kita dan dijadikan hikmah serta pembelajaran bagi anak-anak kita nanti,” simpulnya penuh harap.

Sementara itu, Ketua BKMT Ustazah Maryati, membeberkan bahwa BKMT telah mengiadakan hidangan perasmanan, makan bersama berupa nasi uduk beserta lauknya sebanyak 30 liter untuk masyarakat Kp. Rawa Pisang seusai mengikuti pawai. “Alhamdulillah, berkah hingga masyarakat Kp. Rawa Pisang dapat menikmati sajiannya,” kata dia.

Disinggung soal persiapan lampu elektrik, ia mengatakan kalau Ibu-ibu dari BKMT telah menyiapkannya seminggu sebelum acara. “Lampu elektrik itu satu per satu kami periksa manakala takut ada yang rusak atau ada yang tidak berfungsi. Alhamdulillah, rampung hingga pas saatnya tiba kita bagi-bagikan ke warga,” ucap Maryati.

Di tempat yang sama, Ketua IRMAJA Irman, menjelaskan, untuk masalah dana didapati dari para donatur-donatur yang telah berbaik hati memberikan sumbangsinya dan memberikan sebagian rejekinya hingga terlaksananya acara.

“Total ada sekitar Rp9 juta. Uang itu dibelanjakan untuk pembelian lampu elektrik sebanyak 750 buah dengan memakan biaya sebesar Rp4 juta, petasan Rp2 juta, dan biaya pembuatan nasi uduk sekitar Rp3 juta sebanyak 30 liter berikut lauk pauk serta air mineral,” ungkap Irman.

Sedangkan untuk jarak yang kita tempuh, lanjut Irman, sekitar 50 kilometer melewati dua desa, yakni Desa Tridaya Sakti dan Desa  Mekarsari. “Start dimulai dari Masjid Jamie Al Muhajirin hingga sampai di tempat yang sama. Untuk pengamanan di jalan kami bersama-sama dibantu juga oleh Karang Tarunanya. Semoga pada tahun depan acara pawainya dapat lebih meriah lagi. Anak-anak mudanya juga lebih kompak dan lebih eksis,” tutup Irman. (Dodo)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*