Hasan Sumalawat: Tidak Ada Biaya Tambahan dalam Pembuatan Sertifikat

Bintang Save, BEKASI – Terkait isu merebaknya pungutan kepengurusan Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) sampai jutaan rupiah, akhirnya Lurah Bojong Menteng Hasan Sumalawat angkat bicara.

PTSL adalah salah satu program Nawacita Presiden Joko Widodo (Jokowi) di bidang pertanahan. Tujuan utama dari PTSL itu sendiri, adalah memproses pensertifikatan tanah secara masal sebagai perwujudan dari pada Program Catur Tertib di bidang pertanahan yang pelaksanaannya dilakukan secara terpadu dan ditujukan bagi segenap lapisan masyarakat, terutama bagi golongan ekonomi lemah, serta menyelesaikan secara tuntas terhadap sengketa-sengketa tanah yang bersifat strategis.

Lurah Bojong Menteng Hasan Sumalawat kepada wartawan, Sabtu (16/2/2019) dengan tegas mengatakan bahwa tidak boleh ada pihak manapun yang mengambil keuntungan dalam Program PTSL.

Hasan menjamin, masyarakat tidak akan dibebankan dengan pungutan yang tidak semestinya. Hasan menjelaskan, dalam pelaksanaannya, jika mendapati oknum yang melakukan pungutan tersebut akan ditindak sesuai peraturan yang berlaku.

Ditambahkannya, sejak awal pembuatan sertifikat tidak ada biaya tambahan kepada masyarakat. “Jika ada yang melakukan pungutan tersebut akan dipanggil dan membuat surat pernyataan,” tegasnya. (Gus)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*