Dinas Pertanian Gelar Panen Raya Bersama di Desa Cipayung

Kepala Dinas Pertanian Drs. H. Abdullah Karim, M.Si., berfoto bersama sesaat sebelum dimulainya kegiatan Panen Raya Bersama di Desa Cipayung, Kecamatan Cikarang Timur.

Cikarang Timur (Bintang Save) – Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Dinas Pertanian menggelar Panen Raya Bersama di Kp. Rancaiga, Desa Cipayung, Kecamatan Cikarang Timur, Kamis (6/12/2018) pagi. Dari pantauan Bintang Save di lapangan, kegiatan tersebut dihadiri oleh Camat Cikarang Timur Ani Gustini, Kepala Dinas Pertanian Drs. H. Abdullah Karim, M.Si., Kepala Kejaksaan Tinggi Negeri (Kejari) Kabupaten Bekasi, Babinsa, perwakilan dari Kementerian Pertanian, masyarakat tani dan para anggota Kelompok Tani (Poktan) yang merupakan binaan Dinas Pertanian di wilayah Cikarang Timur.

Kegiatan Panen Raya Bersama itu dilakukan di atas lahan persawahan seluas 25 ribu hektar yang ditanami benih padi bantuan Dinas Pertanian jenis varietas unggul inpari 32. Panen dilakukan menggunakan Alat Mesin Pertanian (alsintan) bantuan dari pemerintah pusat. Kepala Dinas Pertanian Drs. H. Abdullah Karim, M.Si., mengatakan bahwa varietas unggul inpari 32 memiliki produktivitas sebesar 6,5-7 ton per hektar untuk 3 kali panen dalam satu tahun. “Selain produktivitasnya tinggi, benih jenis ini juga unggul karena tahan terhadap serangan wereng,” ucapnya.

Adapun terkait alsintan yang digunakan, dijelaskan Kadis Pertanian, akan sangat membantu masyarakat tani karena dapat mempercepat proses panen. “Dengan menggunakan alsintan ini, petani hanya membutuhkan waktu 60 menit untuk menggarap satu hektar lahan. Sangat efisien bila kita bandingkan dengan tenaga manusia prosesnya bisa selama 2 hari,” jelas H. Abdullah Karim.

Senada dengan H. Abdullah Karim, Adim salah seorang anggota kelompok tani (Poktan) di Desa Cipayung mengaku sangat bersyukur atas berbagai bantuan yang diberikan. “Pemerintah, khususnya Dinas Pertanian sangat membantu kami para petani. Dengan bantuan benih yang bagus dan mesin panen, kerja kami jadi lebih mudah dan produktivitas juga tinggi,” ungkapnya.

Berdasarkan laporan Camat Cikarang Timur Ani Gustini, luas area persawahan yang ditanami padi di Kecamatan Cikarang Timur secara keseluruhan ada di 7 desa dan 1 keluarahan seluas 2.184 hektar. “Masing-masing meliputi Desa Jatireja seluas 131 hektar, Jatibaru 113 hektar, Tanjungbaru 397 hektar, Cipayung 396 hektar, Sertajaya 45 hektar, Hegarmanah 439 hektar, Karangsari 236 hektar, dan Labansari 220 hektar. Sedangkan per hari ini di Desa Cipayung saja sudah 75 hektar yang panen dari 396 hektar lahan,” kata Ani. (TS)

Panen dilakukan menggunakan Alat Mesin Pertanian (alsintan) bantuan dari pemerintah pusat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*