Begini Mekanisme Bagi Keluarga Pasien Rujukan dari Pulau Belitong Ke RS di Jakarta

Beltim (Bintang Save) – Baik dari RSUD Tanjungpandan, Kabupaten Belitung maupun RSUD Manggar, Kab. Belitung Timur, dipersilahkan untuk mengikuti panduan dari kami. Teguh Trinanda, S.H., Ketua Dewan Pengurus Yayasan Melayu Rantau Nusantara Merantau Foundation Sosial Kemanusiaan – Dakwah – Pendidikan. Dari Rantau Idang Kampong kepada wartawan menjelaskan, adapun berikut ini adalah panduan, jika anda dan keluarga ingin berobat atau dirujuk ke berbagai Rumah Sakit (RS) di Jakarta, yaitu:

1). Masyarakat Pemegang BPJS PBI/KIS (BPJS/KIS Yang Gratis/Dibayar Pemerintah/APBD/Bukan BPJS Mandiri), Jika diharuskan berobat ke Jakarta, maka anda bisa mengajukan permohonan bantuan biaya tiket pesawat ke Jakarta melalui Dinas Kesehatan (2org/Pasien+Pendamping) Maksimal pengajuan untuk 2kali PP (1tahun). Untuk mengetahui info lebih lanjut, bisa menghubungi kantor dinas kesehatan (Dinkes) setempat.

2). Bagi masyarakat tidak mampu, juga bisa mengajukan permohonan bantuan dana atau uang saku ke Baznas Kabupaten Belitung, atau Bantuan dari Dana Desa bagi Masyarakat Kabupaten Belitung Timur. Atau bisa juga mengajukan bantuan ke Lembaga/Badan Sosial/Perorangan lainnya.

3). Untuk penginapan gratis selama di Jakarta, maka anda bisa mengurus bantuan di mess Pemda Kabupaten Belitung, mess Kalibaru +6281384518883/mess Kemayoran +6281314434400 dan mess Pemda Belitung Timur +6287888835550 Caca. Adapun Info lebih lanjut, silakan berkonsultasi dengan aparatur Pemda setempat, biasanya pengajuan ke Bagian Umum, atau Menghubungi No.HP tersebut diatas.

4). Sedangan untuk Pendampingan awal di Jakarta, atau penjemputan di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Cengkareng – Tangerang, ke mess Pemda Belitung, mess Pemda Beltim, RS Rujukan di Jakarta, bisa menghubungi Teguh Trinanda 087878288847 (SMS/WA/TLPN), dari Yayasan Melayu Rantau Nusantara (Merantau Foundation).

5). Untuk Pasien Rujukan ke RS Fatmawati Jakarta Selatan, atau pasien rawat jalan yg kondisinya masih awal atau tidak parah, bisa tinggal di Rumah Singgah Sementara secara Gratis, yaitu di Kontrakan Merantau Foundation di Jakarta Selatan. Namun ini, jika mess Pemda Belitung dan Beltim, semuanya dalam kondisi penuh.

6). Bisa juga ke Rumah Singgah Pasien Rujukan (Gratis) Program IZI (Inisiatif Zakat Indonesia) Di Salemba, Rujukan ke RSCM dan RSPAD dan Di Slipi, Rujukan ke HARKIT dan Dharmais, termasuk Makan 3 Kali sehari (Gratis), sambil ada Pengajian dan Tausiah 1kali/Minggu dan ambulance (Gratis). Syarat Dan Ketentuan bisa menghubungi Teguh Trinanda 087878288847. (Minimal Pengajuan 3hari sebelum keberangkatan ke Jakarta).

7). Pendampingan awal pengurusan administrasi di RS Rujukan (Jakarta) bisa bersama Teguh Trinanda dan atau Pak Abu bisa menghubungi Pak Abu dari Pemda Beltim 087788780911 WA/SMS/TLPN.

8). Untuk konsultasi awal (Mengenai Rumah Sakit/Penginapan/Dll selama di Jakarta) Bisa langsung menghubungi Teguh Trinanda / Pak Abu (Beltim) sebelum Pasien dan Keluarga pasien Berangkat ke Jakarta, tapi minimal konsultasi 3 Hari sebelum keberangkatan ke Jakarta.

Teguh Trinanda, S.H.,Ketua Dewan Pengurus Yayasan Melayu Rantau Nusantara Merantau Foundation Sosial Kemanusiaan – Dakwah – Pendidikan dari Rantau Idang Kampong.

“Panduan ini bersifat sementara dan InsyaAllah akan segera kami perbaiki untuk bisa lebih baik, sehingga Pasien Rujukan bisa berobat ke RS di Jakarta dengan tenang & maksimal untuk mendapatkan kesembuhan,” ucapnya.  (Lie)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*