Wisuda Angkatan Ke-15 SMAN 1 Tarumajaya: Momen Refleksi Peningkatan Mutu Program untuk Masa Depan

Kepala SMAN 1 Tarumajaya saat berfoto bersama dengan para stafnya dan seluruh komponen sekolah pada acara Pelepasan Siswa Siswi Tahun Ajaran 2017/2018.

Tarumajaya (Bintang Save) – Siswa-siswi SMAN 1 Tarumajaya angkatan ke-15 memang tahu caranya mensyukuri kelulusan. Di bawah arahan Wakasek Bidang Humas, Winanti, dalam momen-momen itu mereka kompak mengenakan busana tradisional yang melambangkan karakter dan jati diri bangsa yang penuh keberagaman. Pun begitu bagi para pengisi acara yang mengenakan pakaian tak kalah hebohnya. Suasana meriah ini ditangkap Bintang Save saat berkesempatan menghadiri acara Pelepasan Siswa-Siswi Kelas XII SMAN 1 Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, di Hotel Santika Harapan Indah, pada Kamis, 10 Mei 2018.

“Acara sudah dipersiapkan dengan matang, sebab siswa-siswi kami tahu; ini adalah momen sekali seumur hidup,” kata Winanti. Untuk diketahui, baru pertama ini SMAN 1 Tarumajaya menyelenggarakan acara perpisahan di sebuah hotel.

Kepala SMAN 1 Tarumajaya, Ahmad Rojali, SPd, M. MPd menyerahkan Piagam penghargaan terhadap siswa berprestasi peraih nilai tertinggi UNBK di sekolah.

Ada sebanyak 300 orang siswa-siswi yang diwisuda pada hari itu, terdiri dari siswa kelas XII MIA 1 (45 orang), kelas XII MIA 2 (45 orang), kelas XII MIA 3 (45 orang), kelas XII MIA 4 (42 orang), kelas XII IIS 1 (46 orang), kelas XII IIS 2 (38 orang), dan kelas XII IIS 3 (39 orang). Yang membuat acara semakin berkesan, adalah adanya 6 orang di antara murid-murid SMAN 1 Tarumajaya yang pada hari itu dipastikan telah diterima masuk ke perguruan tinggi negeri lewat jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Tahun Akademik 2017/2018. Keenam anak hebat itu, yakni:

 

  1. Bayu Satriyo Utomo Kelas XII IPA. 2 di Universitas TIDAR Magelang (Teknik Elektro);
  2. Choirun Nisa Kelas XII. IPA .2 di UNISKA Karawang (Ilmu Komunikasi);
  3. Paradise Al Bina Kelas XII . IPA. 1 di UNISKA Karawang (Teknik Elektro);
  4. Rizka Putri Indar Dani Kelas XII. IPA. 4 di Institut Teknologi Sumatra (Teknik Geofisika);
  5. Sakhiatun Sarah Kelas XII. IPA. 1 di UPI Bandung (PGSD Kampus Serang); dan
  6. Vivin Asriyanti Kelas XII IPS.3 di Universitas Siliwangi (Pend. Luar Sekolah).

 

Belum cukup. Kabar baik rupanya juga menghampiri murid lainnya yang dinobatkan sebagai peraih nilai UNBK tertinggi. Dari jurusan IPA, adalah Yoan Desyoni Nainggolan yang teruji unggul dalam UNBK dari empat mata pelajaran, yaitu: Bahasa Indonesia dengan nilai 82,0; Bahasa Inggris dengan nilai 84,0; Matematika dengan nilai 40,0; dan bidang study PLH dengan nilai 72,5. Jumlah total nilai yang dikantongi Yoan mencapai 278,5.

Sedangkan untuk jurusan IPS, nama Yuli Natalia muncul. Ia berhasil merengkuh nilai tertinggi dengan bidang study di antaranya Bahasa Indonesia dengan nilai 84,0; Bahasa Inggris dengan nilai 60,0; Matematika dengan nilai 37, 5; dan PLH sebesar 78,0. “Kami optimis pada tahun yang akan datang bisa lebih banyak lagi siswa yang berprestasi seperti mereka. Mari kita tingkatkan mutu pendidikan sehingga menjadi lebih baik,” ucap Kepala SMAN 1 Tarumajaya, Ahmad  Rojali, SPd. M. M Pd.

Optimisme itu menyeruak kendatipun  jumlah siswa-siswi SMAN 1 Tarumajaya masih tergolong sedikit. Kata dia, pihak sekolah akan berupaya semaksimal mungkin untuk meningkatkan mutu pendidikan. “Tugas kami sebagai guru adalah mendidik dan mengajar. Kemudian, bagaimana ke depannya bisa kami dongkrak jumlah siswa yang masuk ke perguruan tinggi negeri agar lebih banyak lagi,” jelasnya penuh keyakinan. Hal yang sama juga diungkapkan sebelumnya oleh Ketua Pelaksana, Rosyid, M.Pd.

Menurut Ahmad Rojali, keberhasilan yang diraih murid-muridnya itu merupakan buah dari kerja keras bersama; antara guru dan orang tua murid yang senantiasa mendukung berbagai program sekolah. “Acara pada hari ini bukti dari kerja keras kita bersama selama ini. Selama tiga tahun ini. Namun begitu kami amat menyadari, bahwa tidak mungkin kami luput dari kesalahan. Maka, momen wisuda ini hendaknya kita manfaatkan selain sebagai sarana silaturahmi sekaligus juga untuk saling memaafkan,” imbuhnya. “Hadirin, tidak ada yang lain yang saya rasakan selain rasa bangga,” ungkap Ahmad Rojali yang langsung ditimpali riuh tepuk tangan para tetamu yang datang.

Foto bersama para siswa/i kreatif yang turut mengisi acara pelepasan.

Sementara itu, berkenaan dengan program-program sekolah, Ketua Komite Sekolah, Drs. H. Maidan Fahmi, MM.MBA., mengaku mendukung penuh upaya pihak sekolah untuk terus menjalankan serta meningkatkan program peningkatan mutu pendidikan. “Tentunya kami juga akan turut memonitoring program dan kegiatan pihak sekolah agar ke depan menjadi lebih baik lagi,” ujar dia.

Kepada Bintang Save, H. Maidan secara khusus memberikan kredit terkait penyelenggaraan acara. Menurutnya, kegiatan wisuda siswa-siswi ini adalah bentuk nyata dukungan dari berbagai pihak, tanpa terkecuali para wali murid, sehingga acara tersebut dapat berjalan sukses.

“Kami pahami bahwa ini merupakan momen indah yang tak terlupakan, sebab selama 3 tahun para siswa-siswi mengikuti proses kegiatan belajar mengajar  hingga sampai pada hari ini. Saya ucapkan selamat untuk para siswa-siswi. Semoga apa yang kalian dapat semasa bersekolah bisa diimplementasikan dengan baik dan berdampak positif bagi diri sendiri dan umumnya bagi masyarakat luas,” pungkasnya. (TS)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*