PKPI dan PBB Tidak Lolos Sebagai Peserta Pemilu 2019

Jakarta, Bintang Save

Setelah sehari sebelumnya menetapkan 14 partai politik telah memenuhi persyaratan untuk menjadi peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU), di Gedung KPU Pusat, Jakarta, mengundi nomor urut partai politik peserta Pemilu, Minggu (18/2) malam.

Undian nomor urut partai politik peserta Pemilu ini dihadiri oleh Megawati Soekarnoputri (Ketua Umum PDIP), Prabowo Subianto (Ketua Umum Partai), Zulkifli Hasan (Ketua Umum PAN), Oesman Sapta (Ketua Umum Hanura), Airlangga Hartarto (Ketua Umum Partai Golkar), Romahurmuzy (Ketua Umum PPP), Muhaimin Iskandar (Ketua Umum PKB), dan Tommy Soeharto yang mewakili Partai Berkarya.

Undian nomor urut partai peserta Pemilu yang dipandu oleh Ketua KPU Arief Budiman ini dilakukan dalam dua tahap. Pada tahap pertama wakil partai mengambil nomor urut pengambil nomor urut peserta Pemilu berdasarkan waktu kedatangannya di acara pengundian tersebut. Selanjutnya, dengan nomor urut pengambilan itu, Ketua dan Sekjen atau wakil partai mengambil nomor urut peserta Pemilu 2019.

Sementara itu, yang menarik adalah sejumlah partai besar yang justru tak lolos verifikasi KPU, seperti Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) dan Partai Bulan Bintang (PBB). Berbanding terbalik, partai-partai baru seperti Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda), dan Partai Beringin Karya (Berkarya) justru berhasil menembus ketatnya fase verifikasi KPU untuk bertarung dalam Pemilu 2019 mendatang.

Berikut adalah nomor urut peserta Pemilu 2019 sesuai hasi yang diambil wakil dari masing-masing partai politik:

  1. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB);
  2. Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra);
  3. PDI Perjuangan (PDIP);
  4. Partai Golkar
  5. Partai Nasdem
  6. Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda)
  7. Partai Beringin Karya (Berkarya);
  8. Partai Keadilan Sejahtera (PKS);
  9. Partai Persatuan Indonesia (Perindo);
  10. Partai Persatuan Pembangunan (PPP);
  11. Partai Solidaritas Indonesia (PSI);
  12. Partai Amanat Nasional (PAN);
  13. Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura); dan
  14. Partai Demokrat.

Tampak hadir dalam kesempatan itu anggota KPU Evi Novida Ginting, Ilham Saputra, Hasyim Asy’ari, Viryan, Wahyu Setiawan, dan Pramono Ubaid Tanthowi. Selmentara dari Bawaslu hadir Abhan (Ketua), Rahmat Bagja, Ratna Dewi Pettalolo, Fritz Edward Siregar, dan Mochammad Afifudin. (Ccp/Setkab)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*