Semarak Pesta Rakyat di Cibarusah Jaya

Cibarusah (Bintang Save) – Pemerintah Desa Cibarusah Jaya, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat kembali menggelar pesta rakyat. Kali ini, temanya “Kreasi Seni, Budaya dan Peresmian Kantor Desa Cibarusah Jaya 2017”. Kegiatan diadakan selama tiga hari, mulai dari 28-30 Maret 2017.

Sebenarnya, acara tahunan ini sudah kedua kalinya dilaksanakan. Acara ini juga digelar untuk menyambut bulan Rajab. “Jadi pelaksanaannya dilakukan setiap tanggal 1 Rajab, dan kegiatan ini menjadi program rutin yang akan terus diselenggarakan di tahun-tahun berikutnya,” terang Kepala Desa Cibarusah Jaya, Abu Bakar.

Di hari pertama, rangkaian acara diawali dengan peresmian kantor Desa Cibarusah Jaya oleh Bupati Bekasi, Neneng Hasanah Yasin. Dalam sambutannya, Bupati Neneng memberikan apresiasi positif terhadap pembangunan di Desa Cibarusah Jaya. “Kita sama-sama membangun Desa Cibarusah Jaya, dan mudah-mudahan rakyatnya juga tambah bahagia,” kata Neneng di hadapan ratusan masyarakat yang hadir.

Acara dilanjutkan dengan sunatan massal dan pengobatan gratis yang digelar di halaman kantor desa. Dalam kegiatan ini, pihak desa menggandeng Rumah Sakit Harapan Mulia. Kegiatan sunatan massal berhasil mengumpulkan sebanyak 33 peserta khitan dan ratusan masyarakat yang mengikuti pengobatan gratis.

Lalu pada malam harinya, acara dilanjutkan dengan Festival Seni Islami. “Dalam festival ini, kami membagikan beragam hadiah dari berbagai perlombaan seperti lomba adzan, marawis, dan sebagainya,” terang Abu Bakar.

Di hari kedua, dilanjutkan dengan kirab kreasi seni dan budaya. Dalam kegiatan itu, masyarakat berbondong-bondong melakukan ziarah dan syukuran di makam Mbah Raden Kamyan yang merupakan sesepuh Desa Cibarusah Jaya. Lalu, di malam harinya, masyarakat dihibur dengan wayang golek dengan dalang Ki Ujang Muktar.

Di hari ketiga, rangkaian acara  dilanjutkan dengan pembagian sembako dan santunan anak yatim. “Hampir tiga ribu paket sembako kami bagikan,” kata Abu Bakar. Di malam terakhir, rangkaian pesta rakyat di tutup dengan acara tabligh akbar. Kegiatan ini dimeriahkan oleh Kang Dedi Mulyadi (Bupati Purwakarta ), Ohang, serta Ustad Solmed. “Semoga acara pesta rakyat ini dapat menghibur dan memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya warga Cibarush Jaya,” harap Abu Bakar.

Sementara itu, Iman Santoso, Camat Cibarusah, menambahkan, dirinya sangat mendukung kegiatan pesta rakyat tersebut. “Acara ini dikemas dengan konsep yang sifatnya sosial kemasyarakatan, jadi sangat bagus,” puji Iman. (Spr)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*