Desa Situraja Lestarikan Tradisi Mapag Sri

Kuwu Situraja Saca, S.Pd., mengatakan dirinya sangat mendukung adanya acara pelestarian budaya adat Mapag Sri tersebut.

Indramayu, Bintang Save — Mapag Sri merupakan salah satu budaya adat warisan para leluhur yang hingga kini masih terus dijaga dan dilestarikan di Desa Situraja di Kecamatan Gantar, Kab. Indramayu.

Budaya adat ini rutin dilaksanakan oleh masyarakat (petani), dan dilakukan setiap kali menyambut musim panen padi tiba.

Biasanya, selain diawali dengan acara ritual adat dalam Acara Mapag Sri juga identik dengan dilaksanakannya pementasan pagelaran wayang kulit, sebagaimana dengan acara budaya adat Mapag Sri di Desa Situraja beberapa waktu lalu, pagelaran wayang kulit lengen purwa dengan Ki Dalang Agus Swara berlangsung meriah, menghibur warga yang akan menyambut musim panen.

Raksa Bumi Desa Situraja, Encim Mulyana selaku Ketua Panitia Penyelenggara Kegiatan Gelar Budaya Adat Mapag Sri mengatakan, bahwa kegiatan Mapag Sri Rutin dilaksanakan di Desa Situraja setiap kali menyambut musim panen.

“Tujuannya, selain untuk mempertahankan/melestarikan adat leluhur, dengan diadakannya kegiatan ini masyarakat petani di Desa Situraja juga berharap hasil panen padi kami akan melimpah ruah,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kuwu Situraja Saca, S.Pd., mengatakan dirinya sangat mendukung adanya acara pelestarian budaya adat Mapag Sri tersebut. “Mapag Sri bisa menjadi wahana hiburan adat bagi warga,” kata dia. (Alen)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*