Pembinaan Jurnalis Bintang Save di Indramayu

Indramayu, Bintang Save– Beberapa orang perwakilan Bintang Save termasuk Pemimpin Redaksi, Tumpal Sibarani dan Redaktur Pelaksana, Cecep Saefudin menempuh perjalanan sekitar 205 km menuju Kabupaten Indramayu, Sabtu (4/2).

Sekitar pukul 11:30 siang waktu setempat tim Bintang Save tiba di kediaman Kepala Biro Bintang Save untuk Indramayu, Sumanta. Ia menyambut kami bersama dengan empat orang jurnalis Bintang Save di Indramayu, yakni Suma, Toyib, Tasiwan, dan Alen Dellon.

Suasana diskusi berlangsung cair. Seperti disampaikan di atas, mulai soal kendala dalam hal peliputan sampai evaluasi teknis penulisan dan penyajian berita menjadi pembahasan utama pada pertemuan yang dilakukan selama hampir 5 jam itu.

Masukan terhadap jurnalis diterima dengan baik. Begitu pula dengan kritikan kepada redaksi yang akan ditindaklanjuti dengan upaya perbaikan pada edisi-edisi selanjutnya.

Bintang Save tak ingin tergerus oleh zaman. Tren jurnalisme warga dan kabar bohong (hoax) yang tumbuh subur bak cendawan di musim hujan saat ini, ibaratnya tamparan keras bagi kami sebagai pelaku industri media. Kondisi tersebut, disadari berpengaruh besar terhadap selera orang dalam memilih bahan bacaan.

Karenanya, Bintang Save pun merasa perlu untuk terus berbenah diri agar dapat bertahan di industri ini. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan membekali para wartawan kami dengan amunisi-amunisi baru, berkenaan dengan pemahaman kode etik jurnalistik dan teknis menyampaikan berita.

Kegiatan ini kami lakukan guna meningkatkan kemampuan wartawan, sekaligus memupuk kepercayaan para pembaca sekalian terhadap berita-berita yang disajikan redaksi. Sebagai sebuah media, kami berkewajiban memberikan informasi-informasi yang bersifat edukatif dan dapat dipercaya kepada para pembaca. Komitmen tersebut, sedang dan terus kami wujudkan seiring waktu berjalan.

Akhir kata, semoga kami dapat terus memperbaiki mutu serta kualitas pemberitaan yang disajikan. Salam hangat dan selamat membaca. (Tumpal Sibarani, SPd.Pemimpin Redaksi)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*